HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS WIBISONO KECAMATAN JATI KABUPATEN KUDUS

Dian Purnama Sari , 1401412035 (2016) HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS WIBISONO KECAMATAN JATI KABUPATEN KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (3699Kb)

    Abstract

    Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor yang terjadi dalam proses belajar baik internal maupun eksternal. Salah satu faktor eksternal yang berperan dalam menentukan keberhasilan belajar siswa adalah lingkungan sekolah. Fasilitas yang ada di sekolah juga sangat diperlukan untuk kegiatan pembelajaran. Fasilitas yang tidak lengkap akan membuat proses pembelajaran menjadi terhambat. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah hubungan antara lingkungan sekolah dengan hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar kontribusi lingkungan sekolah dengan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi berjumlah 133 siswa pada kelas IV SD Negeri Gugus Wibisono Kecamatan Jati Kabupaten Kudus yang semuanya dijadikan responden penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, dokumentasi, wawancara dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif sedangkan uji hipotesis menggunakan uji korelasi Product Moment yang dibantu program SPSS versi 22. Berdasarkan hasil penelitian, lingkungan sekolah dan hasil belajar siswa secara umum berada pada kategori baik. Uji hipotesis dengan taraf signifikansi 5% diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa lingkungan sekolah berhubungan secara positif dan signifikan dengan hasil belajar siswa. Ditunjukkan oleh hasil analisis nilai rhitung lebih besar dari rtabel (0,834 > 0,176) dan koefisien determinasi 70%. Hal ini menunjukkan bahwa 70% lingkungan sekolah memiliki kontribusi terhadap hasil belajar siswa. Sedangkan sisanya 30% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Dapat disimpulkan bahwa antara lingkungan sekolah dengan hasil belajar mempunyai hubungan yang positif dan signifikan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi siswa, guru, dan kepala sekolah. Saran yang diajukan ialah hendaknya lingkungan sekolah diciptakan secara aman dan nyaman agar hasil belajar siswa menjadi optimal.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: lingkungan sekolah; hasil belajar
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 12 Oct 2016 07:07
    Last Modified: 12 Oct 2016 07:07

    Actions (login required)

    View Item