HUBUNGAN ANTARA BIMBINGAN ORANG TUADENGAN HASIL BELAJARSISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS WIBISONO KECAMATAN JATI KABUPATEN KUDUS


Suci Romadlon , 1401412034 (2016) HUBUNGAN ANTARA BIMBINGAN ORANG TUADENGAN HASIL BELAJARSISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS WIBISONO KECAMATAN JATI KABUPATEN KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412034.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Bimbingan orang tua merupakan salah satu hal yang sangat dibutuhkan oleh anak dalam proses belajar anak. Bimbingan orang tua memiliki kaitan dengan hasil belajar anak, hal ini dikarenakan seorang yang dibimbing dengan baik oleh orang tuanya akan mendapatkan hasil belajar yang baik dari pada siswa yang dibimbing orang tuanya. Rumusan masalah dalam penelitian adalah apakah ada hubungan antara bimbingan orang tua dengan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Gugus Wibisono Kecamatan Jati Kabupaten Kuuds. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara bimbingan orang tua dengan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Gugus Wibisono Kecamatan Jati Kabupaten Kudus . Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan analisis data kuantitatif, populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Gugus Wibisono, dengan sampel penelitian siswa kelas V sebanyak 124 orang. Data penelitian mengenai bimbingan orang tua diperoleh melalui penyebaran angket, dan data hasil belajar diperoleh dari ulangan tengah semester genap pada 5 mata pelajaran. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, dokumentasi, dan wawncara. Analisis data yang dilakukan dengan keofisien korelasi menggunakan rumus korelasi product moment. Penafsiran besaran nilai koefisien korelasi dilakukan untuk melihat kuat atau tidaknya korelasi yang terjadi. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji-t dengan taraf kepercayaan α = 5% dengan ketentuan jika t hitung> t tabel, maka hipotesis penelitian dapat diterima. Hasil penelitian menunjukkan nilai koefisen korelasi rxy= 0.786, angka ini menunjukan tingkat korelasi positif yang kuat antara bimbingan orang tua dengan hasil belajar siswa. Sementara itu dari pengujian hipotesis dengan uji-t diketahui bahwa t hitung (8,70) > ttabel (1,980) sehingga hipotesis penelitian dapat diterima dan terbukti. Kontribusi pengaruh bimbingan orang tua terhadap hasil belajar sebanyak 61,7%. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah bahwa terdapat hubungan antara bimbingan orang tua siswa dengan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Gugus Wibisono Kecamatan Jati Kabupaten Kudus. Saran dalam penelitian ini adalah hendaknya membangun hubungan yang baik antara orang tua dan pihak sekolah. Karena dengan hubungan yang baik antara sekolah dan orang tua dapat memudahkan dalam menghadapi anak dirumah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bimbingan orang tua; hasil belajar; sekolah dasar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 12 Oct 2016 11:06
Last Modified: 12 Oct 2016 11:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24191

Actions (login required)

View Item View Item