HUBUNGAN ANTARA KEDISIPLINAN DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD GUGUS SRIKANDI SEMARANG BARAT
Meitri Rahartiwi , 1401412033 (2016) HUBUNGAN ANTARA KEDISIPLINAN DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD GUGUS SRIKANDI SEMARANG BARAT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Hasil belajar siswa kelas V SD Gugus Srikandi Semarang Barat pada lima mata pelajaran pokok belum sepenuhnya sesuai dengan KKM. Data yang didapatkan SDN Gisikdrono 01 rata-rata ketuntasan pada lima mata pelajaran pokok 55,6%, SDN Gisikdrono 02 60,6%, SDN Gisikdrono 03 59,2%, SDN Salaman Mloyo 51%, SD Bina Putra 54,3% dan SD Muhammadiyah 07 52,2%. Berdasarkan tanya jawab dan pengamatan rendahnya ketuntasan tersebut kemungkinan disebabkan beberapa faktor, salah satunya yaitu sikap siswa. Sikap dalam hal ini yaitu kedisiplinan. Rumusan Masalah 1) Adakah hubungan kedisiplinan dengan hasil belajar siswa kelas V SD Gugus Srikandi Semarang Barat ?. 2) Seberapa besar hubungan kedisiplinan dengan hasil belajar siswa kelas V SD Gugus Srikandi Semarang Barat ?. Tujuan penelitian: (1) Untuk mengetahui hubungan kedisiplinan dengan hasil belajar siswa kelas V SD Gugus Srikandi Semarang Barat. (2) Untuk mengetahui seberapa besar hubungan kedisiplinan dengan hasil belajar siswa kelas V SD Gugus Srikandi Semarang Barat. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Sedangkan desain penelitian ini yaitu penelitian korelasi sebab akibat. Jumlah populasi dalam penelitian ini 396 siswa. Teknik pengambilan sampel berpedoman pendapat Musfiqon, dikombinasikan dengan teknik sampel berimbang, cluster random sampling dan perhitungan fraction, sehingga didapat 139 siswa..Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dokmentasi, dan angket. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial Hasil penelitian : (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kedisiplinan dengan hasil belajar. (2) Peranan variabel kedisiplinan dalam menentukan keberhasilan belajar yaitu sebesar 24,32%, sedangkan sisanya berasal dari faktor lain. Simpulan penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara kedisiplinan dengan hasil belajar siswa kelas V SD Gugus Srikandi Semarang Barat. Semua pihak baik guru maupun orang tua hendaknya memperhatikan dan meningkatkan kedisiplinan siswa sehingga diharapkan siswa akan mencapai hasil belajar yang optimal.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kedisiplinan, Hasil Belajar, Siswa SD |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | UNSPECIFIED |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 12 Oct 2016 11:07 |
Last Modified: | 12 Oct 2016 11:07 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24190 |
Actions (login required)
View Item |