KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK BERKIRIM SALAM DAN SOAL TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS IV SDN PEKAUMAN 2 KOTA TEGAL


Hesti Hanifah , 1401412027 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK BERKIRIM SALAM DAN SOAL TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS IV SDN PEKAUMAN 2 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412027.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang diajarkan di SD. Pembelajaran Pkn dalam pelaksanaannya masih menggunakan model konvensional yang membuat siswa menjadi bosan dan kurang aktif saat mengikuti pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif teknik berkirim salam dan soal dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pembelajaran PKn. Dengan menerapkan model pembelajaran pembelajaran kooperatif teknik berkirim salam dan soal, dapat mendorong siswa untuk aktif dalam pembelajaran PKn. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif teknik berkirim salam dan soal terhadap aktivitas dan hasil belajar PKn materi Pengaruh Globalisasi pada siswa kelas IV SDN Pekauman 2 Kota Tegal. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental dengan bentuk nonequivalent control group. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Pekauman 2 dan SDN Pekauman 5 Kota Tegal. Sampel pada penelitian ini menggunakan semua anggota populasi (sampling jenuh), yang berjumlah 54 siswa, terdiri dari 27 siswa kelas eksperimen dan 27 siswa kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi dokumentasi, observasi dan tes. Analisis statistik yang digunakan yaitu Cronbach’s Alpha untuk uji validitas dan uji reliabilitas instrumen. Uji Lilliefors untuk menguji normalitas data, uji Levene untuk uji homogenitas, uji independent sampel t-test dan uji one sample t-test untuk uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji independent sampel t-test, data aktivitas belajar siswa menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel (2,051 > 2,007) dan nilai signifikansinya 0,000 < 0,025. Sedangkan data hasil belajar siswa menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel (4,547 > 2,007) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,025, sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan aktivitas dan hasil belajar PKn materi Pengaruh Globalisasi antara siswa kelas IV yang menerapkan model pembelajaran kooperatif teknik berkirim salam dan soal, dengan yang menerapkan model konvensional. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji one sample t-test, data aktivitas belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (3,535 > 2,056). Sementara hasil uji hipotesis hasil belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (8,610 > 2,056). Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran kooperatif teknik berkirim salam dan soal, lebih efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar PKn materi Pengaruh Globalisasi pada siswa kelas IV dibandingkan dengan yang menerapkan model konvensional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: aktivitas belajar; hasil belajar; model pembelajaran kooperatif; teknik berkirim salam dan soal.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 12 Oct 2016 11:07
Last Modified: 12 Oct 2016 11:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24189

Actions (login required)

View Item View Item