KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK KANCING GEMERINCING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PKn MATERI PEMERINTAHAN PUSAT KELAS IV SDN 1 SANGKANAYU KABUPATEN PURABALINGGA


Rian Lutfiasih , 1401412017 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK KANCING GEMERINCING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PKn MATERI PEMERINTAHAN PUSAT KELAS IV SDN 1 SANGKANAYU KABUPATEN PURABALINGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412017.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Guru melakukan proses pembelajaran di sekolah dasar menggunakan cara mereka masing-masing, adapun yang sering digunakan adalah model pembelajaran konvensional. Hal tersebut juga terjadi di SDN 1 Sangkanayu, yang berakibat pada rendahnya minat dan hasil belajar siswa. PKn adalah salah satu mata pelajaran wajib di sekolah dasar. Untuk mengatasi permasalahan rendahnya minat dan hasil belajar siswa pada mata pelejaran PKn sesuai dengan tujuan utama pendidikan nasional, maka diperlukan model pembelajaran yang mampu melibatkan siswa aktif agar pembelajaran belajar menjadi efektif. Model pembelajaran kooperatif teknik kancing gemerincing merupakan model pembelajaraan kelompok dimana siswa akan terlibat dalam diskusi dan setiap anggotanya memiliki kesempatan yang sama untuk berkontribusi dalam kelompoknya. Model pembelajaran kooperatif teknik kancing gemerincing diharapkan mampu mengefektifkan minat dan hasil belajar PKn materi Pemerintahan Pusat kelas IV SDN 1 Sangkanayu Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan desain quasi experimental design berbentuk nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, dokumentasi, angket, dan tes. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SDN 1 Sangkanayu yang berjumlah 52 siswa dengan rincian 28 siswa kelas IV A dan 24 siswa kelas IV B. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh, seluruh siswa kelas IV akan dijadikan sebagai sampel. Analisis data yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui perbedaan minat dan hasil belajar siswa serta keefektifan minat dan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik kancing gemerincing dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan, minat belajar kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 91,43% sedangkan kelas kontrol memiliki nilai rata-rata 72,99%. Hasil belajar siswa yang diperoleh dari posttest kelas eksperimen rata-rata nilainya adalah 79,29, sedangkan kelas kontrol adalah 67,71. Melihat hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif teknik kancing gemerincing efektif terhadap minat dan hasil belajar PKn materi pemerintahan pusat kelas IV SD. Untuk kelanjutan dari penelitian ini diharapkan guru, kepala sekolah, dan peneliti lain dapat mengembangkan model pembelajaran kooperatif teknik kancing gemerincing pada proses belajar mengajarnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, minat belajar, model pembelajaran kooperatif teknik kancing gemerincing
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 12 Oct 2016 11:07
Last Modified: 12 Oct 2016 11:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24186

Actions (login required)

View Item View Item