KEEFEKTIFAN MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SD KELURAHAN PATI LOR


PUSPA SARI PERTIWI , 1401412003 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SD KELURAHAN PATI LOR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412003.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan pembelajaran IPA diantaranya siswa mampu mengembangkan keterampilan proses dengan memecahkan masalah dan membuat keputusan terhadap suatu persoalan dalam kehidupan sehari-hari, dan Mengembangkan keterampilan proses untuk menyelidiki alam sekitar, memecahkan masalah dan membuat keputusan. Namun, tujuan tersebut belum tercapai pada Sekolah Dasar Negeri di Kelurahan Pati Lor. Kegiatan belajar mengajar masih menggunakan metode dan model pembelajaran yang kurang bervariasi sehingga proses pembelajaran kurang optimal. Dari permasalahan yang ada dan data yang mendukung, maka perlu dilaksanakan kegiatan pembelajaran yang inovatif melalui model pembelajaran yang tepat dengan mengutamakan peran guru sebagai fasilitator, motivator, evaluator dan informator, disamping juga sebagai transformator. Model-model pembelajaran inovatif antaranya yaitu model kooperatif tipe Group Investigation dan model Mind Mapping. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SD Kelurahan Pati Lor yang menggunakan model kooperatif tipe Group Investigation lebih efektif daripada model pembelajaran kelas kontrol?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran IPA pada siswa kelas IV yang menggunakan model kooperatif tipe Group Investigation lebih efektif daripada model pembelajaran kelas kontrol di SDN Kelurahan Pati Lor. Jenis penelitian ini adalah penelitian True Experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri di Kelurahan Pati Lor tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah total siswa kelas IV sebanyak 97 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan tes. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa rata-rata hasil belajar IPA kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Rata-rata nilai eksperimen sebesar 69,028 sedangkan kelas kontrol sebesar 62,212. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t Polled Varians, sehingga didapatkan t = 2,070 tidak terletak antara -1,996 dan 1,996 sehingga Ha diterima. Simpulan dari penelitian ini adalah rata-rata hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Kelurahan Pati Lor yang menggunakan model kooperatif tipe Group Investigation lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Saran penelitian ini yaitu guru diharapkan mampu meningkatkan kreativitas mengajar, dan guru juga dapat memilih model sesuai dengan materi pelajaran, serta media pembelajaran yang tepat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Group Investigation; Hasil Belajar; IPA
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 12 Oct 2016 11:07
Last Modified: 12 Oct 2016 11:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24183

Actions (login required)

View Item View Item