PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN SPARKOL VIDEOSCRIBE DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI CAHAYA KELAS VIII DI SMP NEGERI 01 KERJO TAHUN AJARAN 2015/ 2016

Dyah Ayu Wulandari , 1102412106 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN SPARKOL VIDEOSCRIBE DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI CAHAYA KELAS VIII DI SMP NEGERI 01 KERJO TAHUN AJARAN 2015/ 2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2832Kb)

    Abstract

    Proses pembelajaran yang dilaksanakan di SMP Negeri 01 Kerjo tergolong masih kovensional, terlebih pada mata pelajaran IPA. Hal tersebut membuat minat belajar siswa terhadap mata pelajaran ini menjadi rendah. Pembelajaran ini dirasa membosankan sehingga banyak siswa yang tidak memperhatikan guru yang sedang mengajar. Siswa memilih tidur di kelas atau berbicara dengan teman sekelas daripada mendengarkan ceramah guru, hal tersebut membuat kegiatan belajar tidak berlangsung secara optimal. Oleh karena itu, dalam penelitian ini peneliti mengembangkan media pembelajaran menggunakan sparkol videoscribe dengan tujuan meningkatkan minat belajar siswa terhadap mata pelajan IPA. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIE SMP Negeri 01 Kerjo yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil pengembangan media pembelajaran ini menunjukkan bahwa media pembelajaran menggunakan sparkol videoscribe telah memenuhi syarat dan dianggap layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Hal tersebut dilihat dari hasil validasi oleh ahli media yang memperoleh 72,5% berdasarkan mutu teknis dan 75,9% berdasarkan aspek media. Sedangkan dari hasil validasi ahli materi memperoleh 86,1% berdasarkan aspek media dan 87,5% dari aspek kesesuaian materi. Berdasarkan ahli media, media pembelajaran ini tergolong dalam kategori baik sedangkan menurut ahli materi tergolong dalam kategori sangat baik. Hasil penggunaan media pembelajaran menggunakan sparkol videoscribe ini terbukti dapat meningkatkan minat belajar siswa. Hal ini dilihat dari pengukuran peningkatan minat belajar siswa melalui uji n- gain yang memperorel hasil 0,74, data tersebut dikuatk an oleh pendapat guru yang memperoleh uji n- gain sebesar 0,76. Kedua data tersebut termasuk dalam kategori tinggi menurut kreteria faktor gain yang telah ditetapkan. Berdasarkan uraian hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran menggunakan sparkol videoscribe yang telah dikembangkan layak untuk dijadikan media pedukung pembelajaran dalam kelas dan mampu meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Berdasarkan simpulan di atas maka disarankan bahwa media pembelajaran menggunakan sparkol videoscribe dapat menjadi salah satu alternatif media yang dapat meningkatkan minat belajar siswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Sparkol Videoscribe, Minat Belajar, ADDIE
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Q Science > QC Physics
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 12 Oct 2016 07:08
    Last Modified: 12 Oct 2016 07:08

    Actions (login required)

    View Item