PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM PENGEMBANGAN JIWA ENTERPRENEURSHIP SISWA PROGRAM EAHLIAN MULTIMEDIA DI SMK NEGERI KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Mutia Nurotul Bariyah , 1102412022 (2016) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM PENGEMBANGAN JIWA ENTERPRENEURSHIP SISWA PROGRAM EAHLIAN MULTIMEDIA DI SMK NEGERI KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102412022.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Jiwa enterpreneurship adalah jiwa yang dapat dipelajari oleh siapa saja baik dalam pendidikan formal maupun non formal bahkan dalam pendidikan in formal. jiwa enterpreneurship sendiri lebih mengarah pada perubahan mental, karena Jiwa enterpreneurship berada pada setiap orang yang mau berpikir kreatif dan inovatif. Berdasarkan fakta di lapangan, jiwa enterpreneurship siswa dalam kategori tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterterapan, pengaruh penerapan model project based learning dalam pengembangan jiwa entrepreneurship dan mengukur jiwa enterpreneurship siswa kelas XI program keahlian multimedia di SMK Negeri Kota Semarang, baik secara simultan maupun secara parsial. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif, jenis penelitian survei eksplanatif (analitik). Jumlah sampel sebanyak 53 siswa dari SMK N 8 dan SMK N 4 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini adalah: (1) keterterapan model project based learning dalam kategori baik dengan nilai rata-rata sebesar 73,6% (2) siswa kelas XI keahlian multimedia di SMK Negeri Kota Semarang memiliki jiwa enterprenuership dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 81,13% (3) model project based learning berpengaruh positif terhadap pengembangan jiwa enterpreneurship dengan kontribusi sebesar 25,5%. Simpulan dari penelitian ini adalah: (1) penerapan model project based learning dapat menumbuhkan jiwa enterpreneurship siswa SMK yang terintegrasi nilai enterpreneurship (2) siswa kelas XI keahlian multimedia di SMK Negeri Kota Semarang memiliki jiwa enterpreneurship tinggi (3) penerapan model project based learning berpengaruh terhadap jiwa enterpreneurship siswa SMK dengan kontribusi sebesar 25,5%. Saran yang dapat disampaikan yaitu siswa dapat meningkatkan daya kreatifitas dan inovasi dalam menciptakan produk nyata yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar, serta memiliki inisiatif untuk menjual produknya, guru diharapkan dilatih skilss enterpreneurship serta memberi tugas berupa Business Plan pada siswa, dan bagi lembaga pendidikan dapat dijadikan pertimbangan untuk menentukan kebijakan baru dalam dunia pendidikan yang terintegrasi nilainilai enterpreneurship.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Project Based Learning, Jiwa Enterpreneurship
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 12 Oct 2016 11:08
Last Modified: 12 Oct 2016 11:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24176

Actions (login required)

View Item View Item