IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS BLENDED PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII MTs NEGERI PEMALANG TAHUN AJARAN 2015/2016


Rully Amrizal , 1102412020 (2016) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS BLENDED PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII MTs NEGERI PEMALANG TAHUN AJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102412020.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Blended learning merupakan model pembelajaran campuran antara pembelajaran konvensional atau biasa disebut tatap muka dan e-learning. Model pembelajaran ini memanfaatkan koneksi internet untuk melakukan salah satu komponennya yaitu online learning yang memanfaatkan aplikasi tertentu. Berdasarkan hal tersebut permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana implementasi, perencanaan, proses dan evaluasi model blended learning dalam pembelajaran matematika kelas VIII MTs Negeri Pemalang, (2) Apa Kendala-kendala yang dialami selama menggunakan model blended learning dalam pembelajaran matematika di MTs Negeri Pemalang, (3) Apa upaya yang dilakukan untuk menghadapi kendala-kendala yang dialami dalam menggunakan model blended learning dalam pembelajaran matematika kelas VIII MTs Negeri Pemalang . Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan penelitian ini dilaksanakan di MTsN Pemalang. Teknik pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi partisipatif, dan dokumentasi, sementara teknik sampling dengan menggunakan purposive sampling yang ditujukan kepada kepala sekolah, guru matematika, dan beberapa siswa kelas VIII MTsN Pemalang. Teknik keabsahan data dengan trianggulasi teknik dan analisis data dengan analisis interaksi yang langkah-langkahnya mulai dari pengumpulan data, reduksi data, sajian data, verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pembelajaran matematika kelas VIII menggunakan model pembelajaran blended learning dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan juga meningkatkan hasil belajar siswa. Penerapan blended tidak semuanya menggunakan komponen blended learning. Model pembelajaran konvensional digunakan sebagai pematangan teori, sedangkan pengayaannya menggunakan online learning. Kendala dalam pelaksanaan ini ialah terkait sarana prasarana mengenai koneksi internet, menjadi masalah utama dalam penerapan pembelajaran blended ini. Pemecahan masalahnya terkadang guru meminimalkan pengerjakan kuis melalui quipper di sekolah, melainkan terkadang siswa mengerjakannya dirumah mengunakan smartphone masing-masing. Saran yang bisa diberikan dari penelitian ini ialah (1) pemanfaatan quipper school harus dimaksimalkan (2) pihak sekolah seharusnya memperbaiki koneksi internet dan komputer, (3) bagi lembaga pendidikan dapat meningkatkan teknologi edukasi kedalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pembelajaran Berbasis Blended, Mata Pelajaran Matematika, MTsN Pemalang
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 12 Oct 2016 11:07
Last Modified: 12 Oct 2016 11:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24174

Actions (login required)

View Item View Item