SUMBANGAN KEARIFAN LOKAL JAWA DALAM MEMBENTUK KARAKTER DAN PERILAKU SISWA (Studi Kasus di SMP Negeri 17 Semarang)


Dhita Prasty Wardani , 1102411106 (2016) SUMBANGAN KEARIFAN LOKAL JAWA DALAM MEMBENTUK KARAKTER DAN PERILAKU SISWA (Studi Kasus di SMP Negeri 17 Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102411106.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter merupakan salah satu fungsi utama dari adanya sekolah. Dalam pendidikan karakter ini diharapkan dapat mengembangkan karakter positif siswa bukan hanya disekolah saja tetapi dilingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat. Kearifan lokal Jawa menjadi kebutuhan yang sangat penting dalam pendidikan karakter mengingat di tengah era globalisasi agar siswa tetap dapat berperilaku selayaknya orang Jawa. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis: (1) bangunan konsep kearifan lokal Jawa, (2) implementasi pendididkan karakter untuk membentuk perilaku siswa berbasis kearifan lokal Jawa, (3) hasil implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal Jawa. Pendekatan yang digunakan adalah studi kasus. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) visi dan misi yang diimplementasikan dengan melakukan pembiasaan kepada siswa dalam penerapan kearifan lokal Jawa di sekolah, (2) implementasi kearifan lokal Jawa di SMP Negeri 17 sudah sesuai dengan perilaku Jawa, namun belum sepenuhnya diterapkan oleh siswa, karena siswa belum memahami mengenai kearifan lokal Jawa yang diterapkan di sekolah serta lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat disekitar siswa yang kurang mendukung, (3) sudah sesuai namun tidak semua siswa dapat berperilaku sesuai dengan perilaku yang diharapkan sehingga masih menjadi tugas berat bagi pihak sekolah dalam mengubah karakter dan perilaku siswa. Saran penelitian ditujukan bagi pihak sekolah agar memperdalam lagi pemahaman mengenai kearifan lokal Jawa yang diterapkan dan perlu adanya komunikasi dengan pihak orangtua pihak lain untuk keberhasilan penerapan kearifan lokal Jawa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: sumbangan, kearifan lokal Jawa, studi kasus
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 12 Oct 2016 11:09
Last Modified: 12 Oct 2016 11:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24172

Actions (login required)

View Item View Item