PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF (MPI) MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA DAN HUBUNGANYA DENGAN KESEHATAN UNTUK KELAS VIII DI MTS MUHAMMADIYAH 1 DUKUN MAGELANG

Ihfan Hariri , 1102411073 (2016) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF (MPI) MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA DAN HUBUNGANYA DENGAN KESEHATAN UNTUK KELAS VIII DI MTS MUHAMMADIYAH 1 DUKUN MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1668Kb)

    Abstract

    Guru sebagai pengajar sering mendapatkan suatu kendala dalam menjelaskan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dalam hal ini adalah materi sistem pernapasan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan, hal ini dapat menimbulkan salah persepsi antara materi yang di jelaskan guru dengan pemahaman siswa. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, menimbulkan keinginan penelitian untuk meneliti “Pengembangan Multimedia pembelajaran Interaktif menggunakan Flash dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pokok bahasan Sistem pernapasan pada manusia dan Hubungannya dengan kesehatan Kelas VIII MTS Muhammadiyah 1 Desa Ngadipuro Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran interaktif dan seberapa efektif pengembangan media pembelajaran. Metode yang dipakai metode research and development (penelitian dan pengembangan). Tahapan pengembangan dan penelitian ini di awali dengan menganalisa kebutuhan, merancang, membuat media pembelajaran interaktif, setelah itu diterapkan kemudian dilakukan tes hasil belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan deskriptif presentase dan uji t satu sampel untuk ketuntasan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa media yang dikembangkan telah memenuhi kelayakan dan memenuhi syarat untuk digunakan sebegai media pembelajaran interaktif pokok bahasan pernapasan manusia dan kaitanya dengan kesehatan. Hal ini dilihat dari hasil validasi materi dan tujuan pembelajaran oleh ahli materi sebesar 92% dinyatakan sangat baik, sedangkan ahli media untuk aspek media dapat 87% dan untuk aspek rekayasa peranti lunak mendapat 100% serta untuk aspek komunikasi audio visual 85%, dan untuk aspek lainya mendapatkan 75%. Hasil perhitungan diperoleh Pada signifikasi 5% dengan dk =21-1=20 di peroleh t tabel = 2.079. Di dapat t hitung = 14.9 jadi t hitung > t tabel maka Hipotesis (Ha) diterima. Maka dapat di simpulkan ada peningkatan hasil belajar sesudah siswa menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis Flash pada kelas VIII MTS Muhammadiyah 1 Dukun di katakan efektif. Guru hendaknya membekali dirinya lebih baik lagi dalam memanfaatkan dan mengembangkan media pembelajaran yang menarik, dan membangkitkan semangat belajar siswa, supaya tercipta suasana belajar yang menyenangkan tanpa mengurangi nilai dari materi pelajaran yang sedang disampaikan

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Multimedia Pembelajaran Interaktif, Pengembangan, Sistem pernapasan manusia dan kaitanya dengan kesehatan
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 12 Oct 2016 05:49
    Last Modified: 12 Oct 2016 05:49

    Actions (login required)

    View Item