PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PERSUASI MELALUI MODEL THINK PAIR AND SHARE BERBANTUAN MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN SEKARAN 02 SEMARANG


Nuri Arifah , 1401411505 (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PERSUASI MELALUI MODEL THINK PAIR AND SHARE BERBANTUAN MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN SEKARAN 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401411505.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan keterampilan menulis persuasi pada siswa kelas IV SD. Membantu mengembangkan keterampilan yang dimiliki setiap siswa agar mampu menuangkan tulisan dalam bentuk karangan yang bersifat mengajak, menghimbau atau mempengaruhi setiap pembaca. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri atas tiga siklus, meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 17 siswa. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis, keterampilan guru, dan aktivitas siswa.Teknik pengumpulan data adalah teknik tes dan nontes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu (1) keterampilan menulis di siklus siklus I sebanyak 35,29% (cukup), siklus II sebesar 58,82% (baik), dan siklus III sebesar 88,23% (sangat baik). (2) keterampilan guru di siklus I adalah 19 (cukup), siklus II 23 (baik) dan siklus III sebesar 27 (sangat baik), (3) aktivitas siswa di siklus I adalah 16,23 (cukup), siklus II sebesar 20,76 (baik) dan siklus III sebesar 22,58 (sangat baik). Simpulan penelitian ini adalah melalui model pembelajaran Think Pair and Share berbantuan media visual dapat meningkatkan keterampilan menulis persuasi di kelas IV SDN Sekaran 02 Semarang. Saran model Think Pair and Share berbantuan media visual dapat digunakan sebagai cara untuk meningkatkan keterampilan menulis persuasi pada siswa, keterampilan guru, dan aktivitas siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan, menulis, persuasi, think pair and share, visual
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 11 Oct 2016 12:38
Last Modified: 11 Oct 2016 12:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24169

Actions (login required)

View Item View Item