PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK DI SD ISLAM HIDAYATULLAH KOTA SEMARANG
RISKA PRATAMA , 1401411451 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK DI SD ISLAM HIDAYATULLAH KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Hasil belajar siswa kelas VC SD Islam Hidayatullah KD 2.1, masih perlu ditingkatkan, ditunjukkan data dari 36 siswa hanya 16 siswa (44%) yang mendapatkan nilai diatas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70, sedangkan sisanya 20 siswa (56%) nilainyadibawah KKM. Rumusan masalah: Apakah model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS siswa kelas VC SD Islam Hidayatullah?. Tujuan penelitian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check di SD Islam Hidayatullah. Manfaat penelitian adalah meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan model kooperatif tipe Pair Check untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Tahapan penelitian meliputi: perencanaaan, pelaksanaan, pengamatan dan reflleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VC sebanyak 36 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Analisis data menggunakan analisis statistic deskriptif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian: (1) Keterampilan guru siklus I jumlah skor 32 dengan kriteria baik selanjutnya siklus II jumlah skor yang diperoleh 41 dengan kriteria sangat baik (2) Aktivitas siswa pada siklus I jumlah skor rata-rata yang diperoleh 24,2 dengan kriteria cukup, selanjutnya pada siklus II jumlah skor rata-rata yang diperoleh 31,8 dengan kriteria baik (3) Hasil belajar siklus I nilai rata-rata yang diperoleh adalah 72,7 dengan ketuntasan belajar 69,4% dan pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh adalah 79,4 dengan ketuntasan belajar 86,1%. Simpulan, hasil penelitian melalui model kooperatif tipe Pair Check telah mencapai indikator keberhasilan dan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS. Saran bagi guru agar mengatasi permasalahan pembelajaran IPS dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran kooperatif, Pair Check, Kualitas pembelajaran, Ilmu Pengetahuan Sosial |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 11 Oct 2016 12:38 |
Last Modified: | 11 Oct 2016 12:38 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24166 |
Actions (login required)
View Item |