PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS RINGKASAN ISI BUKU MELALUI MODEL COOPERATIVE SCRIPT DENGAN MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS V SDN PATEMON 01


Fathimatuzzahro , 1401411381 (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS RINGKASAN ISI BUKU MELALUI MODEL COOPERATIVE SCRIPT DENGAN MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS V SDN PATEMON 01. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401411381.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil refleksi awal pada pembelajaran menulis di kelas V SDN Patemon 01 Semarang, diketahui bahwa guru kurang membimbing siswa dalam memecahkan permasalahan secara mandirisehingga siswa hanya menerima pengetahuan dari penjelasan guru, pembelajaran yang dilakukan guru kurang menarik dan guru tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengemukakan pendapatnya sehingga dalam pembelajaran yang berlangsung siswa hanya berperan sebagai pendengar.Adapun alternatif pemecahan masalah berupa penerapan model Cooperative Scriptdengan media gambar seri. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana cara meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Indonesia melalui model Cooperative Script dengan media gambar seri pada siswa kelas V SDN Patemon 01? Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas V SDN Patemon 01 Semarang melalui model Cooperative Scriptdengan media gambar seri. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus dengan setiap siklus dilaksanakan dalam satu kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V dan guru kelas V di SDN Patemon 01 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan guru siklus I mendapat skor 23dengan kategori baik, siklus II mendapat skor 28 dengan kategori sangat baik, dan siklus III mendapat skor 30 dengan kategori sangat baik; (2) aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor rata-rata 20,3 dengan ketegori cukup, siklus II memperoleh skor 24 dengan kategori baik, dan siklus III memperoleh skor 29,1 dengan kategori sangat baik; (3) persentase ketuntasan klasikal keterampilan menulis ringkasan isi buku pada siklus I sebesar 44,4%, siklus II sebesar 61,1%, dan siklus III sebesar 83,3%. Simpulan dari penelitian ini adalah model Cooperative Scriptberbantuan media gambar seridapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis ringkasan siswa kelas V SDN Patemon 01 Semarang. Saran untuk perbaikan pendidikan dan proses pembelajaran adalahguru memotivasi siswa agar tertarik mengikuti pembelajaran dan pengkondisian kelas sebaiknya dilakukan sebelum pembelajaran dimulai agar kondisi kelas saatpembelajaranlebih kondusif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Script;gambar seri; ringkasan isi buku
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 11 Oct 2016 12:37
Last Modified: 11 Oct 2016 12:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24165

Actions (login required)

View Item View Item