PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS VA SDN BOJONG SALAMAN 02 SEMARANG


RISKA ADI KURNIAWAN , 1401411350 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS VA SDN BOJONG SALAMAN 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401411350.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Permendiknas No. 22 tahun 2006 secara normatif dikemukakan bahwa mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukkan warga negara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warga negara Indonesia yang cerdas, terampil, dan berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945. Namun pelaksanaan KTSP PKn yang diberlakukan sejak 2006 menimbulkan berbagai permasalahan, hal ini diperkuat oleh penelitian yang dilakukan Depdiknas (2007), seperti yang ditemukan di kelas VA SDN Bojong Salaman 02. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti menggunakan model problem based learning berbantuan media audiovisual. Berdasarkan hasil observasi dikelas VA SD Bojong Salaman 02 Semarang menunjukkan bahwa pembelajaran PKn belum optimal di kelas VA SDN Bojong Salaman 02 Semarang dikarenakan kurangnya variasi pemanfaatan media dan metode pembelajaran dari guru sehingga berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran PKn pada siswa kelas VA SDN Bojong Salaman 02 Semarang?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn kelas VA SDN Bojong Salaman 02 Semarang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus, masing-masing siklus terdiri dari satu pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini terdiri dari guru dan siswa kelas VA SDN Bojong Salaman 02 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes (evaluasi) dan teknik non tes (observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan). Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan keterampilan guru siklus I memperoleh skor 21 kategori baik, siklus II 26 kategori baik, dan siklus III 31 kategori sangat baik. Aktivitas siswa siklus I memperoleh skor 18,8 kategori baik, siklus II 23,6 kategori baik, dan siklus III 28 kategori sangat baik, sedangkan ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebanyak 87,10%, siklus II 93,54%, dan siklus III 93,54%. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui problem based learning berbantuan audio visual dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas VA SDN Bojong Salaman 02 Semarang dalam pembelajaran PKn. Adapun saran yang diberikan adalah guru harus lebih inovatif dalam menggunakan metode dan media dalam pembelajaran. Perlu adanya peningkatan kualitas dari siswa, guru, dan sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: audiovisual; kualitas pembelajaran PKn; Problem Based Learning
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 11 Oct 2016 12:39
Last Modified: 11 Oct 2016 12:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24162

Actions (login required)

View Item View Item