ANALISIS BUTIR SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN IPS KELAS III SD NEGERI GUGUS PANGERAN DIPONEGORO KECAMATAN SEMPOR KABUPATEN KEBUMEN


Tutut Kurniawan , 1401411341 (2015) ANALISIS BUTIR SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN IPS KELAS III SD NEGERI GUGUS PANGERAN DIPONEGORO KECAMATAN SEMPOR KABUPATEN KEBUMEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401411341.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan wawancara awal dengan Agus Santoso, S.Pd.SD., di SD Negeri 2 Sidoharum Kecamatan Sempor Kabupaten Kebumen, ditemukan masalah dalam penyusunan butir soal ulangan akhir semester (UAS) gasal. Berdasarkan hasil wawancara, diperoleh informasi bahwa proses penyusunan soal UAS gasal mata pelajaran IPS kelas III SD telah diujikan tanpa melalui tahapan analisis butir soal. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “Bagaimanakah kualitas butir soal pilihan ganda dan pelaksanaan tes pada UAS gasal mata pelajaran IPS kelas III di SD Negeri Gugus Pangeran Diponegoro?”. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kualitas butir soal pilihan ganda dan pelaksanaan tes UAS gasal mata pelajaran IPS di SD Negeri Gugus Pangeran Diponegoro tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode expost facto, karena data yang digunakan untuk penelitian telah terbentuk secara alami tanpa campur tangan peneliti. Sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 202. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data kualitatif dianalisis menggunakan teknik analisis validitas isi menurut Gregory, pencocokkan jenjang ranah kognitif, dan analisis model Miles dan Huberman. Data kuantitatif dianalisis menggunakan bantuan program Anates V4. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, soal pilihan ganda yang dianalisis ditinjau dari aspek materi, konstruksi, dan bahasa memiliki validitas isi berkategori sangat tinggi. Distribusi jenjang ranah kognitifnya yaitu terdapat 7 (28%) soal berkategori C1, 17 (68%) soal berkategori C2, dan 1 (4%) soal berkategori C3. Kualitas soal pilihan ganda ditinjau dari aspek validitasnya yaitu terdapat 2 (8%) soal berkategori sangat signifikan, 8 (32%) soal berkategori signifikan, dan 15 (60%) soal berkategori tidak signifikan. Penghitungan aspek reliabilitasnya diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0,68 dengan kriteria rendah. Aspek tingkat kesukarannya yaitu terdapat 17 (68%) soal berkategori mudah, 7 (28%) soal berkategori sedang, dan 1 (4%) soal berkategori sukar. Aspek daya pembedanya yaitu yaitu terdapat 7 (28%) soal berkategori baik, 7 (28%) soal berkategori cukup, 10 (40%) soal berkategori jelek, dan 1 (4%) soal berkategori jelek sekali. Aspek efektivitas pengecohnya yaitu terdapat 11 (44%) soal berkategori efektif dan 14 (56%) soal berkategori jelek. Pelaksanaan tes tergolong cukup baik, karena adanya faktor suasana ruang kelas yang kurang tenang dan posisi duduk yang berdekatan. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa analisis butir soal dapat mendeteksi kekurangan pada butir soal. Oleh karena itu, penyusunan soal sebaiknya melalui tahapan analisis butir soal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis Butir Soal, Evaluasi Pembelajaran, Evaluasi Pendidikan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 11 Oct 2016 12:37
Last Modified: 11 Oct 2016 12:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24160

Actions (login required)

View Item View Item