PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE BAMBOO DANCING DI SDN TAMBAKAJI 02 KOTA SEMARANG


NIA SRD AYU BETAROSY, 1401411310 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE BAMBOO DANCING DI SDN TAMBAKAJI 02 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401411310.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPS di SD sangat penting untuk membentuk siswa menjadi warga negara yang baik serta dapat mengembangkan cara berfikir siswa untuk lebih kritis. Berdasarkan hasil refleksi pembelajaran yang dilakukan di kelas III SDN Tambakaji 02 Kota Semarang menunjukkan hasil belajar IPS yang belum optimal. Hal ini dimungkinkan dalam pembelajaran guru belum memanfaatkan model pembelajaran yang bervariasi. Sehingga hasil belajar belum optimal, ditunjukkan dengan ketuntasan hasil belajar klasikal sebesar 33,3% (10 dari 30 siswa), sedangkan 66,7% (20 siswa) belum mencapai KKM. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model kooperatif tipe bamboo dancing dalam peningkatan kualitas pembelajaran IPS di SDN Tambakaji 02 Kota Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di kelas III SDN Tambakaji 02 kota Semarang melalui model kooperatif tipe bamboo dancing. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menerapkan model kooperatif tipe bamboo dancing yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru siklus I memperoleh skor 21 (baik), siklus II sebesar 27 (sangat baik). Aktivitas siswa siklus I 25,93 (baik), siklus II 30,5 (sangat baik). Ketuntasan belajar klasikal siklus I 56,67%, pada siklus II 83,33%. Penilaian klasikal afektif spiritual siklus I 6,07 (baik), siklus II 7,30 (sangat baik). Penilaian klasikal sosial siklus I 7,73 (baik), siklus II 9,83 (sangat baik). Penilaian psikomotorik siklus I 7,67 (baik), siklus II 10,9 (sangat baik). Simpulan dari penelitian ini adalah melalui model kooperatif tipe Bamboo Dancing dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS. Saran yang diberikan adalah guru hendaknya menerapkan model yang bervariatif sesuai dengan tujuan pembelajaran, salah satunya model kooperatif tipe bamboo dancing yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Kooperatif tipe Bamboo Dancing, Kualitas Pembelajaran, Ilmu Pengetahuan Sosial.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 11 Oct 2016 12:38
Last Modified: 11 Oct 2016 12:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24158

Actions (login required)

View Item View Item