PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER BERBANTUAN MEDIA KOMIK PADA SISWA KELAS IVA SDN SAMPANGAN 02 SEMARANG


PUJI ROKHAYANTI , 1401411222 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER BERBANTUAN MEDIA KOMIK PADA SISWA KELAS IVA SDN SAMPANGAN 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401411222.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (8MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kualitas pembelajaran IPA pada siswa kelas IVA SDN Sampangan 02 Semarang. Hal ini terbukti ditemukannya beberapa masalah, diantaranya guru belum menerapkan pembelajaran yang inovatif, kurangnya penggunaan media pembelajaran, siswa kurang aktif selama pembelajaran, dan hasil belajar rendah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran IPA melalui model Numbered Heads Together berbantuan media komik pada siswa kelas IVA SDN Sampangan 02 Semarang? Tujuan umum penelitian ini adalah meningkatkan kualitas pembelajaran IPA melalui model Numbered Heads Together berbantuan media komik pada siswa kelas IVA SDN Sampangan 02 Semarang, dan secara khusus bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui model Numbered Heads Together berbantuan media komik. Rancangan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SDN Sampangan 02 Semarang dengan subjek penelitiannya adalah guru kelas IVA dan siswa kelas IVA sebanyak 36. Variabel penelitiannya adalah keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, catatan lapangan, wawancara, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru pada siklus I memperoleh rata-rata skor total 25 dengan kriteria baik (B) dan pada siklus II meningkat dengan perolehan rata-rata skor total 31 dengan kriteria sangat baik (A). Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata skor total 20.3 dengan kriteria cukup (C) dan pada siklus II meningkat dengan perolehan rata-rata skor total 25 dengan kriteria baik (B). Hasil belajar siswa peda siklus I diperoleh rata-rata ketuntasan klasikal sebesar 49% dan pada siklus II diperoleh rata-rata ketuntasan klasikal sebesar 85%. Simpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan model Numbered Heads Together berbantuan media komik dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas IVA SDN Sampangan 02 Semarang. Saran bagi guru adalah model Numbered Heads Together berbantuan media komik dapat digunakan sebagai acuan untuk melaksanakan pembelajaran di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Komik, Kualitas Pembelajaran IPA, NHT
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 11 Oct 2016 12:38
Last Modified: 11 Oct 2016 12:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24157

Actions (login required)

View Item View Item