PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL COOPERATIVE SCRIPT BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT DI KELAS V SDN PLALANGAN 04 KOTA SEMARANG

AJI SUSILO , 1401411480 (2016) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL COOPERATIVE SCRIPT BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT DI KELAS V SDN PLALANGAN 04 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2777Kb)

    Abstract

    Melalui mata pelajaran IPS, peserta didik diarahkan untuk dapat menjadi warga negara Indonesia yang demokratis, dan bertanggung jawab, serta warga dunia yang cinta damai. Berdasarkan hasil observasi ditunjukkan bahwa kualitas pembelajaran IPS kelas V SDN Plalangan 04 Kota Semarang masih rendah. Hal ini disebabkan guru belum menggunakan model pembelajaran yang kreatif dan inovatif, selama pembelajaran guru kurang maksimal memanfaatkan media pembelajaran. Untuk memecahkan permasalahan tersebut, peneliti berdiskusi dengan guru kelas dan selanjutnya menetapkan alternatif tindakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di kelas V SDN Plalangan 04 Kota Semarang. Peneliti akan melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bersama kolaborator melalui penerapan model cooperative script berbantuan media powerpoint. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS melalui model cooperative script pada siswa kelas V. Desain penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus, setiap siklus 1 kali pertemuan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes (observasi, wawancara, dokumentasi). Data dianalisis menggunakan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan guru siklus I skor 21 kriteria cukup, siklus II skor 27 kriteria baik, dan siklus III skor 32 kriteria sangat baik; (2) aktivitas siswa siklus I skor 17 dengan kriteria cukup, siklus II skor 21 dengan kriteria sangat baik, dan siklus III skor 24 kriteria sangat baik; (3) ketuntasan klasikal siklus I adalah 57%, siklus II menjadi 70%, dan siklus III menjadi 87%. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model Cooperative Script dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS Siswa Kelas V SDN Plalangan 04 Kota Semarang.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: kualitas; pembelajaran; IPS; cooperative script; powerpoint
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 11 Oct 2016 07:33
    Last Modified: 11 Oct 2016 07:33

    Actions (login required)

    View Item