PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI CTL VARIASI SNOWBALL THROWING BERBANTUAN ULAR TANGGA DI SDN BOJONG SALAMAN 02 SEMARANG


RICKY YUSUF SUSANTO , 1401411325 (2016) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI CTL VARIASI SNOWBALL THROWING BERBANTUAN ULAR TANGGA DI SDN BOJONG SALAMAN 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401411325.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini karena dalam pembelajaran guru mendominasi pembelajaran dan kurang memberi kesempatan pada siswa untuk mengkonstruksi pengetahuan sendiri melalui diskusi kelompok maupun perseorangan, sehingga pemodelan tidak terlihat dalam pembelajaran. Selain itu guru belum memberi kesempatan bertanya pada siswa dan kurang diberi kesempatan untuk merefleksi pembelajaran yang telah dilakukan. Guru belum menerapkan penilaian otentik, hanya terfokus pada aspek kognitif. Selain itu siswa kurang terampil membuat dan menjawab pertanyaan dari teman karena siswa kurang tanggap dalam menerima pesan dari orang lain dan tidak memahami konsep pelajaran yang diajarkan. Rumusan masalah secara umum, yaitu: bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran matematika melalui CTL variasi Snowball Throwing berbantuan Ular Tangga di SDN Bojong Salaman 02?. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di SDN Bojong Salaman 02 Semarang melalui CTL variasi Snowball Throwing berbantuan Ular Tangga. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan enam kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 19,5 menjadi 21,5 pada siklus II, dan pada siklus III meningkat menjadi 28,5, aktivitas siswa pada siklus I memperoleh jumlah skor 17,55 menjadi 17,9 pada siklus II, dan pada siklus III meningkat menjadi 19, iklim pembelajaran meningkat dari siklus I jumlah skor 5 menjadi 6 pada siklus II, pada siklus III meningkat menjadi 8, materi pembelajaran siklus I memperoleh jumlah skor 5 meningkat pada siklus II menjadi 6,5, pada siklus III jumlah skor meningkat menjadi 8, media pembelajaran siklus I memperoleh jumlah skor 5,5 menjadi 7 pada siklus II, dan pada siklus II meningkat menjadi 8, hasil belajar siklus I memperoleh ketuntasan belajar sebanyak 70,9% menjadi 93,5% pada siklus II dan siklus III. Kesimpulannya dengan CTLvariasi Snowball Throwing berbantuan ular tangga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Matematika, CTL, Snowball Throwing, Ular Tangga
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 11 Oct 2016 11:33
Last Modified: 11 Oct 2016 11:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24151

Actions (login required)

View Item View Item