PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MELALUI MODEL THINK TALK WRITE BERBANTUAN GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS IV SDN NGALIYAN 01 KOTA SEMARANG


DHITA KURNIASARI AGUSTINA , 1401410085 (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MELALUI MODEL THINK TALK WRITE BERBANTUAN GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS IV SDN NGALIYAN 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401410085.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah ditemukan masalah dalam pembelajaran menulis di kelas IV SDN Ngaliyan 01. Guru belum berperan secara optimal sebagai fasilitator, siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pendekatan saintifik dan model think talk write berbantuan gambar seri dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dalam keterampilan menulis? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia dalam keterampilan menulis, di kelas IV SDN Ngaliyan 01. Penelitian ini adalah penelitian tindakkan kelas yang terdiri dari 2 siklus dengan masing masing siklus terdiri dari dua pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakkan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan model TTW berbantuan gambar seri. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Ngaliyan 01 sejumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, catatan lapangan , dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) keterampilan guru meningkat ditunjukkan dengan data pada siklus I memperoleh skor 22 dengan kriteria baik, siklus II memperoleh skor Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterampilan guru mendapatkan skor 25.5 (cukup) pada siklus I, dan skor 31 (baik) pada siklus II ; (2) aktivitas siswa mendapatkan skor 23.32(cukup) pada siklus I, dan skor 25.08 (baik) pada siklus II; (3) ketuntasan klasikal hasil belajar pada siklus I 60%, dan siklus II 80% dengan kriteria sangat baik, sehingga penelitian dinyatakan berhasil. Berdasarkan data hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model model TTW berbantuan gambar seri dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siwa, serta hasil belajar siswa, pada pembelajaran Bahasa Indonesia dalam keterampilan menulis, di kelas IV SDN Ngaliyan 01. Guru disarankan agar menggunakan model pembelajaran yang inovatif dan media yang menunjang pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan menulis, TTW, gambar seri
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 11 Oct 2016 11:28
Last Modified: 11 Oct 2016 11:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24148

Actions (login required)

View Item View Item