PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG LAYANAN INFORMASI SOSIAL DAN KEMANDIRIAN TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 22 SEMARANG

Abdul Kholiq , 1301412110 (2016) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG LAYANAN INFORMASI SOSIAL DAN KEMANDIRIAN TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 22 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2488Kb)

    Abstract

    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi pada siswa kelas VII SMPN 22 Semarang yang memiliki kemampuan penyesuaian diri rata-rata 70%, sementara itu layanan informasi sosial telah diberikan oleh guru BK sejak awal tahun ajaran baru. Tingkat kemandirian siswa di sekolah tersebut beragam ada yang rendah dan ada yang tinggi. Berdasarkan latar belakang tersebut maka rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian adalah (1) adakah pengaruh persepsi siswa tentang layanan informasi sosial terhadap penyesuaian diri siswa kelas VII SMPN 22 Semarang (2) adakah pengaruh kemandirian terhadap penyesuaian diri siswa kelas VII SMPN 22 Semarang dan (3) adakah pengaruh persepsi siswa tentang layanan informasi sosial dan kemandirian terhadap penyesuaian diri siswa kelas VII SMPN 22 Semarang. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini berjumlah 240 siswa, menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala psikologis. Alat pengumpul data menggunakan skala penyesuaian diri, skala tentang persepsi siswa terhadap layanan informasi sosial, dan skala kemandirian yang telah diuji validitasnya dan reliabilitasnya. Analisis data yang digunakan meliputi analisis regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) persepsi siswa tentang layanan informasi sosial berpengaruh terhadap penyesuaian diri siswa kelas VII SMPN 22 Semarang (2) kemandirian berpengaruh terhadap penyesuaian diri siswa kelas VII SMPN 22 Semarang, dan (3) persepsi siswa tentang layanan informasi sosial dan kemandirian berpengaruh terhadap penyesuaian diri siswa kelas VII SMPN 22 Semarang. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat diprediksikan bahwa semakin tinggi tingkat persepsi siswa tentang layanan informasi sosial dan kemandirian maka kemampuan penyesuaian diri siswa juga akan meningkat. Oleh karena itu disarankan agar guru BK meningkatkan kualitas layanan sosial yang sesuai dengan kebutuhan agar siswa memiliki persepsi yang lebih baik tentang layanan informasi sosial, serta agar guru BK turut mendampingi perkembangan kemandirian siswa secara lebih baik.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: kemandirian; penyesuaian diri; persepsi
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 11 Oct 2016 07:28
    Last Modified: 11 Oct 2016 07:28

    Actions (login required)

    View Item