PROFIL KEPRIBADIAN SISWA BERDASARKAN POLA ASUH ORANG TUA PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 37 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Aida Nisviatul L M , 1301411102 (2016) PROFIL KEPRIBADIAN SISWA BERDASARKAN POLA ASUH ORANG TUA PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 37 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (939kB) | Preview |
Abstract
Bagi seorang anak kepribadian merupakan hal yang penting.Karena kepribadian memiliki aspek-aspek yang mempengaruhi kehidupan seseorang.Keluarga memiliki peranan yang sangat penting dalam upaya mengembangkan kepribadian anak, terutama kedua orang tuanya.Pola asuh orang tua juga akan mempengaruhi bagaimana kepribadian anak di masa akan datang.Siswa di SMP Negeri 37 Semarang memiliki latar belakang keluarga dan pola asuh yang berbeda.Dari berbagai latar belakang keluarga yang berbeda tersebut telah membentuk pola asuh yang berbeda didalam keluarga.Masalah yang diteliti dalam penelian ini yaitu bagaimana profil keprubadian siswa berdasarkan pola asuh orang tua.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gambaran profil kepribadian siswa berdasarkan pola asuh orang tua. Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantutatif.Populasi yang diteliti dalam penelitian ini merupakan siswa kelas VIISMP Negeri 37 Semarang tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 256 siswa.Variabel yang dikaji dalam penelitian ini yaitu profil kepribadian dan pola asuh orang tua siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan caramenggunakan skala psikologi. Teknik analisis data menggunakan analisis distribusi frekuensi dan amalisis crosstab. Hasil dari analisis distribusi frekuensi dan analisis crosstab kecenderungan profil kepribadian siswa pada aspek ekshibition (penonjolan diri) dan siswa mayoritas merasakan pola asuh demokratis .Kesimpulan penelitian ini siswa yang merasakan pola asuh demokratis memiliki kecenderungan pada aspek kepribadian archievement, play, affiliation, ekshibition, understanding, sex, counteraction, order dan autonomy.Siswa yang merasakan pola asuh otoriter memiliki kecenderungan pada aspek kepribadian autonomy, counterction, ekshibition, order, understanding, affiliation, harmavoidance dan sex.Siwa yang merasakan pola asuh permisif memiliki kecenderungan pada aspek kepribadian autonomy, counteraction dan ekshiboition.Saran untuk guru BK yaitu perlunya meningkatkan kerjasama dengan orang tua siswa.Sedangkan saran untuk orang tua diharapkan menerapkan pola asuh sesuai kebutuhan tumbuh kembang anak.Hal ini dapat membantu mengembangkan kepribadian siswa di SMP N 37 Semarang agar dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Profil Kepribadian, Pola Asuh Orang Tua |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1 L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1) |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 11 Oct 2016 11:33 |
Last Modified: | 11 Oct 2016 11:33 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24141 |
Actions (login required)
View Item |