MENINGKATKAN PEMAHAMAN KARAKTER DASAR PADA SISWA KELAS VIII G MELALUI LAYANAN INFORMASI DI SMP NEGERI 34 SEMARANG TAHUN AJARAN 2015/2016

Cempaka Wuryani Kusuma , 1301411098 (2016) MENINGKATKAN PEMAHAMAN KARAKTER DASAR PADA SISWA KELAS VIII G MELALUI LAYANAN INFORMASI DI SMP NEGERI 34 SEMARANG TAHUN AJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (3365Kb)

    Abstract

    Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ditemukan pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 34 Semarang yang menunjukkan pemahaman karakter dasar yang masih rendah, data ini diperkuat dengan hasil analisis Daftar Cek Masalah (DCM) berdasarkan perilaku siswa yang masih sulit membiasakan diri untuk dapat disiplin, jujur dan tidak egois. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah pemahaman tentang karakter dasar siswa dapat ditingkatkan melalui layanan informasi. Sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris tentang peningkatan pemahaman karakter dasar siswa melalui layanan informasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian yaitu one group pre test-post test. Penelitian eksperimen adalah penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 34 Semarang yang berjumlah 254 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan diperoleh sampel penelitian di kelas VIII G sejumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data dengan menggunakan instrument tes pemahaman karakter dasar siswa. Analisis data yang digunakan melalui analisis deskriptif presentase dan ujit-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman karakter dasar siswa sebelum diberikan layanan informasi termasuk kategori sedang dengan presentase rata-rata sebesar 69.48%. Setelah diberikan layanan informasi termasuk dalam kategori sangat tinggi dengan presentase 90.85% sehingga terjadi peningkatan sebesar 21.37%. Selain itu diperoleh data melalui uji beda t-test dengan n=32 taraf signifikansi 5% didapat thitung = 30,312 dan ttabel = 2,042, jadi thitung> ttabel sehingga dinyatakan bahwa hipotesis alternatif(Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Hal tersebut menunjukkan bahwa adanya peningkatan pemahaman karakter dasar siswa sebelum dan sesudah mendapatkan perlakuan berupa layanan informasi. Simpulan dari penelitian ini adalah pemahaman karakter dasar siswa kelas VIII G SMP Negeri 34 Semarang tahun ajaran 2015/2016 dapat ditingkatkan melalui layananinformasi. Sehubungan dengan hasil penelitian ini diharapkan guru BK mau memanfaatkan layanan informasi dengan sebaik-baiknya, untuk membantu siswa dalam meningkatkan pemahaman karakter dasar. Selain itu guru BK diharapkan mampu memanfaatkan media dalampemberian layanan informasi yang menjadikan siswa lebih tertarik dan mudah memahami layanannya.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: pemahaman karakter dasar, layanan informasi.
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 11 Oct 2016 07:27
    Last Modified: 11 Oct 2016 07:27

    Actions (login required)

    View Item