PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI PLALANGAN 01 TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Rizki Umu Amalia, 1301411094 (2016) PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI PLALANGAN 01 TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301411094.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasar pada fenomena di kelas V SD Negeri Plalangan 01 Gunungpati yang memiliki motivasi belajar rendah berdasarkan hasil analisis Daftar Cek Masalah (DCM) pada siswa kelas V. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan penguasaan konten teknik mind mapping dan apakah layanan penguasaan konten teknik mind mapping berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian yaitu one group pre test-post test. Penelitian eksperimen adalah penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu. Penelitian ini dilaksanakan dengan delapan kali pemberian perlakuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V dengan jumlah 37 siswa dan sampelnya menggunakan sampling jenuh sehingga jumlah subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V. Alat pengumpulan data menggunakan skala psikologis yaitu skala motivasi belajar. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase dan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan treatment berupa layanan penguasaan konten teknik mind mapping mengalami peningkatan sebesar 9,23%. Rata-rata prosentase pada tiap indikator motivasi belajar sebelum mendapatkan layanan penguasaan konten teknik mind mapping termasuk dalam kategori sedang, sedangkan setelah mendapatkan layanan penguasaan konten teknik mind mapping termasuk dalam kategori tinggi. Peningkatan motivasi belajar siswa yang lebih spesifik ditunjukkan dari hasil analisis uji t-test dengan menggunakan taraf signifikan 5%, hasil analisis uji beda diperoleh thitung = 10,465 dan ttabel = 2,021, jadi thitung > ttabel sehingga dinyatakan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Hal tersebut menunjukkan bahwa adanya pengaruh pada motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah mendapatkan perlakuan berupa layanan penguasaan konten teknik mind mapping. Simpulan dari penelitian ini bahwa setelah diberikan perlakuan berupa layanan penguasaan konten teknik mind mapping terdapat peningkatan motivasi belajar pada siswa kelas V SD Negeri Plalangan 01. Saran yang dapat diberikan hendaknya guru selalu berusaha melakukan inovasi dalam menggunakan model pembelajaran, sehingga siswa tidak merasa bosan dan semangat dalam mengikuti pelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, layanan penguasaan konten, mind mapping
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 10 Oct 2016 12:11
Last Modified: 10 Oct 2016 12:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24133

Actions (login required)

View Item View Item