PENGEMBANGAN MEDIA LAYANAN INFORMASI BIDANG KARIR BERBASIS WEB UNTUK SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 AMBARAWA TAHUN 2015/2016


Mohammad Tarsudi , 1301411057 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA LAYANAN INFORMASI BIDANG KARIR BERBASIS WEB UNTUK SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 AMBARAWA TAHUN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301411057.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan produk hipotetik media layanan informasi karir dengan basis web untuk membantu memenuhi layanan informasi karir siswa yang dalam metode konvensional terhambat karena berbagai sebab. Layanan ini memungkinkan siswa untuk mampu belajar secara mandiri serta dapat memenuhi kebutuhan akan informasi karir. Penelitian dan Pengembangan ini dilaksanakan dengan mengadaptasi konsep Penelitian dan Pengembangan Borg and Gall. Kegiatan Penelitian dan Pengembangan melalui studi identifikasi masalah, pengumpulan data, pembuatan produk hipotetik, uji Ahli dan uji Praktisi, revisi desain I, uji coba produk, revisi desain II. Subyek penelitian melibatkan satu Ahli produk, satu Ahli materi, satu Praktisi materi, dan sepuluh siswa dalam uji kelayakan. Data yang terkumpul adalah data untuk mengukur kelayakan produk. Data dihasilkan melalui Teknik pengumpulan data untuk mengukur kelayakan dalam bentuk lembar penilaian dari uji ahli dan uji praktisi serta hasil dari kelayakan pengguna. Teknik pengumpulan data untuk mengukur kelayakan produk dengan skala Developing and validating an instrument for measuring user-perceived web quality. Analisis data menggunakan deskriptif presentase Hasil uji ahli produk yang dikembangkan mendapatkan kelayakan dengan penilaian ahli produk sebesar 88,33 % ,penilaian ahli materi sebesar 79,51%, dan penilaian praktisi materi sebesar 79,17%. Dalam kelayakan produk mendapatkan kelayakan dengan penilaian pengguna sebesar 94,30,%. Diketahui bahwa hasil keseluruhan penelitian rata- rata 85,33% , maka produk penelitian layanan informasi karir dengan basis web memenuhi standar kelayakan pada kategori sangat tinggi untuk penggunaanya. Simpulan hasil penelitian ini adalah pengembangan produk hipotetik media layanan informasi bidang karir dengan berbasis web memiliki kelayakan dengan kategori sangat tinggi dalam penggunaanya, dan dapat dijadikan media yang membantu layanan informasi karir yang selama ini terhambat dalam model layanan berbasis konvensional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan,Media,Informasi Karir,Web
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 10 Oct 2016 12:11
Last Modified: 10 Oct 2016 12:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24123

Actions (login required)

View Item View Item