PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK MODELING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA UNDERACHIEVER PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SIRAMPOG BREBES TAHUN AJARAN 2015/2016


Maulina Azkiyah , 1301411047 (2016) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK MODELING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA UNDERACHIEVER PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SIRAMPOG BREBES TAHUN AJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301411047.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ditemukan di kelas VIII SMP Negeri 1 Sirampog yang menunjukkan kurangnya motivasi belajar siswa underachiever, dimana siswa memiliki IQ atau potensi yang tinggi namun nilai yang diperoleh dibawah nilai KKM. Data ini diperkuat dengan hasil wawancara pada guru BK, dimana siswa yang sering melamun, bermain handphone, atau berbicara sendiri dengan temannya sehingga tidak mendengarkan materi yang disampaikan oleh guru. Tidak hanya itu, mereka juga terlihat malas dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dan sering tidak mengerjakan pekerjaan rumah (PR) atau cenderung mencontek PR milik temannya. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah layanan bimbingan kelompok teknik modeling berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa underachiever. Sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris tentang pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik modeling terhadap motivasi belajar siswa underachiever. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sirampog yang berjumlah 97 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan diperoleh sampel penelitian sejumlah 10 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala psikologis berupa skala motivasi. Analisis data yang digunakan melalui analisis deskriptif presentase dan uji wilcoxon pairs match. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok teknik modeling termasuk kategori sedang dengan presentase rata-rata sebesar 62%. Setelah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik modeling termasuk dalam kategori tinggi dengan presentase 85% sehingga terjadi peningkatan sebesar 23%. Selain itu diperoleh data melalui uji wilcoxon pairs match dengan n=10 taraf signifikansi 5% didapatkan Thitung > Ttabel (55 < 8) atau Ha diterima dan Ho ditolak. Simpulan penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok teknik modeling berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa underachiever pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sirampog Brebes tahun ajaran 2015/2016. Sehubungan dengan hasil penelitian ini diharapkan guru BK mau memanfaatkan layanan bimbingan kelompok dengan sebaik-baiknya untuk membantu siswa dalam meningkatkan motivasi belajar siswa khususnya siswa underachiever.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar siswa underachiever; bimbingan kelompok teknik modeling.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 10 Oct 2016 12:11
Last Modified: 10 Oct 2016 12:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24118

Actions (login required)

View Item View Item