PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PERMAINAN TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA (Penelitian Pada Siswa Kelas V SD Negeri Sumurrejo 01 Gunungpati Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016)


Norma Ni‟matul Husna , 1301411028 (2015) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PERMAINAN TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA (Penelitian Pada Siswa Kelas V SD Negeri Sumurrejo 01 Gunungpati Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301411028.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di kelas V SD Negeri Sumurrejo 01 Gunungpati Semarang yang menunjukkan tingkat penyesuaian diri yang rendah, dengan indikator penyesuaian pribadi dan penyesuaian sosial. Rumusan masalah yaitu apakah layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan dapat mempengaruhi penyesuaian diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik permainan terhadap penyesuaian diri siswa. Manfaat penelitian ini memperkaya kajian tentang pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan terhadap penyesuaian diri siswa Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah siswa kelas V, dan sebagai sampelnya adalah 10 siswa kelas V yang memiliki tingkat penyesuaian diri yang rendah. Teknik sampel yang diambil dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologis penyesuaian diri. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif persentase dan Uji Wilcoxon Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan penyesuaian diri pada siswa. Tingkat penyesuaian diri siswa sebelum diberi perlakuan berupa layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan berada pada kriteria rendah (50,16%), dan setelah diberi perlakuan berupa layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan masuk dalam kategori tinggi (70,12%). Hasil Uji Wilcoxon menunjukkan bahwa nilai t hitung= 0 dan t tabel= 8, jadi nilai nilai t hitung < t tabel berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan terhadap penyesuaian diri siswa. Simpulan dari penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan dapat mempengaruhi penyesuaian diri siswa. Bagi Guru kelas, hendaknya penelitian ini dapat menjadi referensi dalam memotivasi siswa untuk dapat menyesuaikan diri dengan baik. Bagi sekolah, agar dapat memberikan fasilitas dan mendukung pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan begitu pula layanan bimbingan dan konseling yang lain. Bagi peneliti lain, agar dapat dijadikan sebagai acuan penelitian terdahulu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: penyesuaian diri; layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 07 Oct 2016 11:50
Last Modified: 07 Oct 2016 11:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24112

Actions (login required)

View Item View Item