PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MEDIA PERMAINAN KARTU KARIR TERHADAP SIKAP PILIHAN KARIR SISWA KELAS IX E DI SMP NEGERI 1 UNGARAN TAHUN AJARAN 2015/2016

Agus Priambodo , 1301411007 (2016) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MEDIA PERMAINAN KARTU KARIR TERHADAP SIKAP PILIHAN KARIR SISWA KELAS IX E DI SMP NEGERI 1 UNGARAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1607Kb)

    Abstract

    Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena yang ditemukan di kelas IX E SMP Negeri 1 Ungaran yang menunjukan sikap kebingungan dalam memilih karir dimasa depan.. Hasil IKMS menunjukan bahwa siswa masih bingung bagaimana informasi dan strategi tentang sekolah lanjutan, belum mampu untuk menyalurkan bakat yang mengarah pada karir tertentu, bingung menghadapi ketatnya persaingan dalam masuk pendidikan lanjutan, bingung cara memilih pekerjaan dan belum memiliki cita-cita. Data ini diperkuat dengan hasil wawancara pada guru BK, dimana para siswa masih bingung dengan sikapnya dalam memilih karirnya kedepan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah layanan bimbingan kelompok dengan media permainan kartu karir dapat berpengaruh terhadap sikap pilihan karir siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test and post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX E SMP Negeri 1 Ungaran yang berjumlah 35 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, sampel yang diambil berjumlah 10 siswa. Alat pengumpulan data menggunakan wawancara dan skala psikologis yaitu skala sikap pilihan karir. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase dan uji wilcoxon pairs match. Hasil penelitian menunjukan bahwa sikap pilihan karir siswa sebelum dan setelah diberikan treatment berupa layanan bimbingan kelompok dengan media permainan kartu karir mengalami peningkatan sebesar 11,82%. Media permainan kartu karir dapat digunakan untuk menjadikan siswa memahami akan kemampuan yang ada pada dirinya. Selain itu diperloleh data melalui uji wilcoxon pairs match dengan n=8 taraf signifikansi 5% didapatkan Thitung>Ttabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Simpulan dari penelitian ini bahwa setelah diberikan treatment berupa layanan bimbingan kelompok dengan media permainan kartu karir terdapat peningkatan sikap pilihan karir siswa kelas IX E SMP negeri 1 Ungaran, dan terbukti bahwa layanan bimbingan kelompok dengan media permainan kartu karir berperngaruh pada sikap pilihan karir siswa. Saran yang dapat diberikan agar Guru BK di sekolah meningkatkan kemampuan untuk melaksanakan layanan bimbingan kelompok dengan media permainan kartu karir yang bertujuan untuk meningkatkan sikap pilihan karir siswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: sikap pilihan karir, bimbingan kelompok, permainan kartu karir
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 07 Oct 2016 07:50
    Last Modified: 07 Oct 2016 07:50

    Actions (login required)

    View Item