PERBEDAAN MOTIVASI BERPRESTASI ANTARA SISWA REGULER DENGAN SISWA PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DI SD NEGERI KECAMATAN BOJA TAHUN AJARAN 2015/2016


Devvy Lutviasari , 1301410089 (2015) PERBEDAAN MOTIVASI BERPRESTASI ANTARA SISWA REGULER DENGAN SISWA PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DI SD NEGERI KECAMATAN BOJA TAHUN AJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301410089.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di beberapa SD Negeri Kecamatan Boja yang menunjukkan adanya keberagaman motivasi berprestasi antara siswa reguler dengan siswa Program Keluarga Harapan (PKH). Rumusan masalah utama adalah melihat adakah perbedaan motivasi berprestasi antara siswa reguler dengan siswa Program Keluarga Harapan (PKH). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi berprestasi antara siswa reguler dengan siswa Program Keluarga Harapan (PKH). Manfaat penelitian ini memperkaya kajian tentang motivasi berprestasi siswa reguler dan siswa Program Keluarga Harapan (PKH) dalam dunia pemdidikan. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif. Populasi penelitian adalah seluruh SD Negeri Kecamatan Boja dengan jumlah 27 SD Negeri, dan sebagai sampelnya adalah 12 SD Negeri Kecamatan Boja dengan siswa kelas IV, V dan VI SD N Kecamatan Boja, 60 siswa reguler dan 60 siswa Program Keluarga Harapan (PKH). Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Metode dan alat pengmpulan data dengan menggunakan skala motivasi berprestasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif presentase dengan Uji t (t-test). Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan motivasi berprestasi antara siswa reguler dengan siswa Program Keluarga Harapan (PKH). Hasil uji t, menunjukkan bahwa nilai thitung = 9,042 dan ttabel = 1,980, jadi nilai thitung > tabel. Dengan demikian, terdapat perbedaan motivasi berprestasi yang signifikan antara siswa reguler dengan siswa Program Keluarga Harapan (PKH) yaitu lebih tingginya motivasi berprestasi siswa Program Keluarga Harapan (PKH) dibandingkan dengan siswa reguler. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan motivasi berprestasi antara siswa reguler dengan siswa Program Keluarga Harapan (PKH). Saran bagi guru kelas agar dapat memberikan dukungan dengan bimbingan belajar atau pendampingan kepada siswa reguler maupun siswa Program Keluarga Harapan (PKH) agar motivasi berpestasi siswa meningkat lebih baik lagi. Bagi kepala sekolah agar dapat memberikan fasilitas dan mendukung guru kelas untuk bisa lebih meningkatkan motivasi berprestasi siswa. Bagi peneliti lain, agar dapat dijadikan sebagai acuan penelitian pendahulu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: motivasi berprestasi; siswa reguler; siswa PKH
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 07 Oct 2016 11:51
Last Modified: 07 Oct 2016 11:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24108

Actions (login required)

View Item View Item