MANAJEMEN PEMBELAJARAN KURSUS BAHASA INGGRIS PADA LEMBAGA INTERNATIONAL LANGUAGE PROGRAMS SEMARANG
Ari Sulistiyo , 1201412067 (2016) MANAJEMEN PEMBELAJARAN KURSUS BAHASA INGGRIS PADA LEMBAGA INTERNATIONAL LANGUAGE PROGRAMS SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi pada kenyataan bahwa pentingnya bahasa Inggris bagi masyarakat guna meningkatkan skill dalam berkomunikasi untuk menghadapi era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pembelajaran kursus bahasa inggris yang meliputi:1) perencanaan penyelenggaraan pembelajaran, 2) pelaksanaan pembelajaran, 3) Pembinaan, 4) evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan terdiri dari satu pengelola, dua instruktur, dan satu peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: 1) Pengumpulan data, 2) Reduksi data, 3) Penyajian data, dan 4) Penarikan kesimpulan/verifikasi.Teknik yang digunakan untuk pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini adalah Triangulasi Sumber. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini: 1)Perencanaan pembelajaran dilakukan dengan hal mendasar dan sistematis. 2) Proses pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan placementtest kepada siswa, kemudian dilanjutkan dengan penyerahan lesson plan kapada principal satu jam sebelum pembelajaran dimulai. 3) Pembinaan dilakukan secara berkala melalui visits oleh petugas ILP pusat, bentuk pembinaan dilakukan oleh principal ILP Semarang dilakukan dengan pengawasan, supervisi, monitoring kemudian dilanjutkan dengan pelaporan. 4) Evaluasi pembelajaran secara umum dilakukan dengan dua jenis tes yaitu tes formatif dan sumatif yang dilakukan oleh guru/tutor masingmasing kelas, tes yang dilkukan disesuaikan dengan program-program ILP Semarang. Evaluasi pembelajaran juga dilakukan terhadap guru/tutor melalui questioner yang dibagikan kepadap peserta di pertemuan terakhir/per-dua bulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa manajemen pembelajaran kursus bahasa inggris ILP Semarang terdiri dari Perencanaan, Pelaksanaan, Pembinaan, dan Evaluasi yang disesuaikan dengan standar yang telah ditetapkan oleh ILP Semarang. Saran yang diberikan yaitu 1) Pelaksanaan pmbelajaran hendaknya menjaga aspek kedisiplinan dengan memberikan hukuman yang mendidik dan menjaga suasana kelas. 2) Pembinaan guru/tutor hendaknya menjaga koordinasi dalam melaksanakan regular meeting. 3) Evaluasi pembelajaran hendaknya ditambah dengan memberikan tes khusus kepada peserta yang tidak mengikuti beberapa pertemuan kursus.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan Pembelajaran; Kursus Bahasa Inggris |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1 L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1) |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 07 Oct 2016 11:50 |
Last Modified: | 07 Oct 2016 11:50 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24104 |
Actions (login required)
View Item |