IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN SMART SOLUTION DAN REMEDIAL ENRICHMENT CONSULTING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR PRIMAGAMA SAMPANGAN (Jl. Kelud Raya No. 62 Sampangan Semarang)

AGUS SOLEHUDIN , 1201412059 (2016) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN SMART SOLUTION DAN REMEDIAL ENRICHMENT CONSULTING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR PRIMAGAMA SAMPANGAN (Jl. Kelud Raya No. 62 Sampangan Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1527Kb)

    Abstract

    Lembaga bimbingan belajar primagama merupakan salah satu bimbingan belajar yang bertekad menjadi terdepan dalam prestasi merasa harus tetap arif dan kreatif dalam menghadapi persaingan yang makin ketat dengan didukung oleh tim manajemen yang professional, tenaga pengajar yang handal dan berstandar nasional serta pembelajaran yang sistematis dan terprogram. Primagama menyelenggarakan berbagai macam program seperti proaksi kelas 3,4,5 dan 6 SD. 7,8 dan 9 SMP. 10, 11, dan 12 SMA yang memberikan peluang pada peserta didik dalam rangka meraih sukses ujian tengah semester, ujian akhir semester dan ujian nasional, SNMPTN, SBMPTN, dan jalur mandiri favorit. Permasalahan yang diteliti adalah: 1).Bagaimanakah strategi pembelajaran Smart Solution (SS) dan Remedial Enrichment Consulting (REC) yang diterapkan di lembaga pendidikan primagama. 2).Apa yang menjadi hambatan. 3).Apa yang menjadi faktor pendukung. Tujuan penelitian adalah: Mendeskripsikan strategi pembelajaran SS dan REC. hambatan. dan faktor pendukung. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian terletak di jalan kelud raya no. 62 sampangan semarang. Subyek penelitian adalah pengelola, akademik, administrasi, tentor dan peserta didik 8 Orang. Penelitian terfokus pada Strategi pembelajaran pembelajaran SS dan REC, serta motivasi belajar peserta didik. Sumber dan jenis data penelitian adalah Data utama dan data tambahan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan fokus penelitian. Keabsahan data yang digunakan adalah kepercayaan, keteralihan, ketergantungan, kepastian. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Strategi ini sangat berguna bagi peserta didik karena berbeda dengan yang ada di sekolah, peserta didik diajak pada suasana yang menyenangkan, serta kebiasaan berfikir kreatif dengan SS. Hambatannya adalah peserta didik yang malas, pembelajaran yang tidak efektif, motivasi belajar yang kurang. Faktor pendukungnya adalah Diri Sendiri harus semangat dan giat belajar untuk mencapai tujuan, serta Orangtua dan Keluarga selalu mendukung dalam kegiatannya. Saran yang dapat diberikan pada primagama adalah pegunaan media, tenaga pengajar yang berkompeten, memiliki trik khusus untuk meningkatkan prestasi dan motivasi peserta didik serta pembelajaran yang lebih menyenangkan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Implementasi Strategi Pembelajaran; Motivasi Belajar
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
    L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 07 Oct 2016 07:49
    Last Modified: 07 Oct 2016 07:49

    Actions (login required)

    View Item