EVALUASI PROGRAM PELATIHAN KEPEMIMPINAN MAHASISWA BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN (BEM FIP) UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

Ahmad Rifai , 1201412042 (2016) EVALUASI PROGRAM PELATIHAN KEPEMIMPINAN MAHASISWA BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN (BEM FIP) UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2320Kb)

    Abstract

    Mahasiswa merupakan agen of change dan harapan bangsa di masa depan untuk menjadi pemimpin yang ideal bagi masyarakat. Untuk menjadikan pemimpin yang ideal membutuhkan pendidikan yang mencukupi selain pendidikan formal, pendidikan non fromal dapat dijadikan salah satu alat yaitu melalui pelatihan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan program pelatihan kepemimpinan mahasiswa yang diselenggarakan Badan eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah peserta pelatihan dan evaluator program pelatihan serta informan pendukung yaitu penyelenggara dan organisasi pengguna hasil pelatihan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Prosedur penelitian ini dibagi dalam empat tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, analisis dan penulisan laporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pelatihan kepemimpinan yang diselenggarakan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang dalam konteks pelatihan tidak adanya identifikasi kebutuhan terhadap peserta pelatihan, input pelatihan yang kurang baik dikarenakan keterbatasan dana dan kurangnya koordinasi antara penyelenggara dengan intruktur pelatihan, proses pelatihan yang diselenggarakan dapat berjalan dengan baik dengan adanya instruktur pelatihan yang mampu menciptakan kondisi belajar yang kondusif, hasil pelatihan yang kurang maksimal dengan tidak adanya tindak lanjut dari penyelenggara untuk mengevaluasi program pelatihan yang telah diselenggarakan. Kesimpulan yang dapat diambil yaitu pelatihan yang diselenggarakan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang dalam pelaksanaanya sudah sesuai dengan analisis CIPP. Kelemahan penyelenggaraan pelatihan yaitu tidak adanya identifikasi kebutuhan, kurangya koordinasi, dan tidak adanya tidak lanjut hasil pelatihan. Saran yang dapat diberikan kepada penyelengara yaitu hendaknya melaksanakan identifikasi kebutuhan sebelum pelatihan diselenggarakan, komunikasi dan koordinasi antara penyelenggara dengan instruktur pelatihan ditingkatkan, dan tindak lanjut terkait hasil penelitian untuk mencocokkan sudah sesuai dengan tujuan pelatihan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Pelatihan, kepemimpinan
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 07 Oct 2016 07:48
    Last Modified: 07 Oct 2016 07:48

    Actions (login required)

    View Item