KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA SD KELAS IV GUGUS SUNAN AMPEL DEMAK


NUR AFIFAH, 1401412063 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA SD KELAS IV GUGUS SUNAN AMPEL DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412063.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti pada siswa SDN Gugus Sunan Ampel pembelajaran menulis karangan narasi kurang efektif mengakibatkan hasil karya karangan siswa kurang optimal. Hal tersebut terjadi pada SDN Bintoro 04 dan SDN Katonsari 02, dari permasalahan tersebut guru perlu mencobakan model yang inofatif yaitu model CTL berbantuan media video animasi. Berdasarkan hal tersebut dapat dirumuskan permasalahan yaitu apakah model CTL berbantuan media video animasi efektif meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa SD kelas IV Demak. Tujuan pada penelitian ini adalah mengetahui apakah model CTL berbantuan media video animasi efektif meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa SD kelas IV Gugus Sunan Ampel Demak. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasi eksperimen dengan populasi siswa kelas IV Gugus Sunan Ampel berjumlah 245. Sampel yang digunakan yaitu SDN Bintoro 04 sejumlah 27 siswa dan Katonsari 02 sejumlah 29 siswa. Teknik Pengumpulan data yang digunakan yaitu tes unjuk kerja dan studi dokumenter. Soal uji coba sebelumnya menggunakan uji validitas isi dan uji reliabilitas antar-rater. Sedangkan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji tindependent sample atau t-test polled varians. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa data pretest kelas eksperimen dan kontrol berdistribusi normal dan homogen. Harga t-hitung pretest lebih kecil dibandingkan harga t-tabel (-0,081 < 1,647) dan signifikansi (0,935 > 0,05), artinya HO diterima. Hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan rata-rata skor keterampilan menulis karangan narasi antara kelas kontrol dan kelas eksperimen pada saat pretest. Harga t-hitung posttest lebih besar dibandingkan harga t-tabel (2,153 > 2,000) dan signifikansi (0,036 < 0,05). Ha diterima dan HO ditolak. Ha diterima berarti ada perbedaan rata-rata skor keterampilan menulis karangan narasi antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, yaitu rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dengan perbedaan rata-rata (mean different) sebesar 0,1552. Besar peningkatannya pada kelas eksperimen terlihat pada rata-rata gain ternormalisasi yaitu 0,357 atau termasuk dalam kategori sedang, sedangkan pada kelas kontrol 0,209 termasuk dalam kategori rendah. Keefektifan model CTL diharapkan menjadi pertimbangan bagi guru kelas IV SDN Bintoro 04 untuk menerapkan model CTL pada pembelajaran bahasa Indonesia dengan aspek atau materi yang lain. Penerapan model CTL diharapkan dapat menjadi salah satu model inovatif untuk pembelajaran bahasa Indonesia yang efektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: contextual teaching and learning; karangan narasi; keterampilan menulis.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 06 Oct 2016 18:40
Last Modified: 06 Oct 2016 18:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24082

Actions (login required)

View Item View Item