PELATIHAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILL) DALAM MEMBANGUN SIKAP KEWIRAUSAHAAN (STUDI PADA PUSAT PENGEMBANGAN ANAK(PPA) IO-583 CONDROKUSUMO, KOTA SEMARANG) SKRIPSI

Adining Astuti , 1201412004 (2016) PELATIHAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILL) DALAM MEMBANGUN SIKAP KEWIRAUSAHAAN (STUDI PADA PUSAT PENGEMBANGAN ANAK(PPA) IO-583 CONDROKUSUMO, KOTA SEMARANG) SKRIPSI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1475Kb)

    Abstract

    Adanya jumlah pengangguran dan kemiskinan di Indonesia yang menjadi perhatian pemerintah memiliki jumlah yang cukup besar. Beberapa upaya sudah dilakukan untuk mengurangi jumlah pengangguran dan kemiskinan, salah satunya melalui pendidikan yang memberikan keterampilan yaitu pendidikan kecakapan hidup melalui kegiatan pelatihan guna membangun dan menumbuhkan sikap kewirausahaan kepada peserta. Masalah yang dikaji adalah pelaksanaan pelatihan kecakapan hidup, hasil dari pelatihan kecakapan hidup dalam membangun sikap kewirausahaan, kendala-kendala yang dihadapi dalam membangun sikap kewirausahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pelaksanaan pelatihan kecakapan hidup, mendiskripsikan hasil dari pelatihan kecakapan hidup dalam membangun sikap kewirausahaan, dan mendeskripsikan kendala-kendala yang yang dihadapi dalam membangun sikap kewirausahaan. Pendekatan Penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek penelitian berjumlah tujuh orang. Pengumpulan data yang digunakan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Triangulasi dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan sumber dan metode. Prosedur analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian adalah a) Pelaksanaan pelatihan kecakapan hidup di PPA IO-583 Condrokusumo sesuai dengan indikator pelaksanaan pelatihan antara lain: adanya identifikasi kemampuan, pemberian motivasi, penggunaan media sarana prasarana, penggunaan metode, iklim belajar yang menyenangkan, interaksi yang terjalin dengan baik antara tutor dan anak binaan dan adanya evaluasi. b) Hasil dari pelatihan kecakapan hidup yaitu adanya sikap percaya diri, berorintasi pada tugas dan hasil, kepemimpinan, berani menanggung risiko, keorisinilan dan, berorientasi ke masa depan. c) Kendala atau faktor penghambat yang dihadapi adanyafaktor internal dan eksternal. Faktor internal yang menghambat adalah anak terkendala dengan waktu. Faktor eksternal antara lain sarana prasarana yang masih terbatas dan jaringan dalam memasarkan produk. Berdasarkan hasil penelitian di atas disarankan 1) waktu pelaksanaan untuk bisa diatur kembali agar anak binaan dapat mengikuti semua, 2) sarana prasarana untuk bisa di lengkapi, 3) pengelola menjalin kerjasama untuk memasarkan produk dari pelatihan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pelatihan Kecakapan Hidup(Life skill), Sikap Kewirausahaan
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
    T Technology > TX Home economics
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 06 Oct 2016 09:05
    Last Modified: 06 Oct 2016 09:05

    Actions (login required)

    View Item