ANALISIS PENDAMPINGAN WARGA BELAJAR DI PKBM QARYAH THAYYIBAH DALAM PROSES PEMBELAJARAN
Dwiayu Febryana , 1201411094 (2016) ANALISIS PENDAMPINGAN WARGA BELAJAR DI PKBM QARYAH THAYYIBAH DALAM PROSES PEMBELAJARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pendampingan merupakan salah satu kunci dari keberhasilan kegiatan pembelajaran yang ada di PKBM Qaryah Thayyibah. Tujuan penelitian ini, adalah 1) Mendeskripsikan pendampingan warga belajar dalam proses pembelajaran, 2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pendampingan warga belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subyek penelitian adalah kepala PKBM Qaryah Thayyibah, pendamping dan warga belajar di PKBM Qaryah Thayyibah. Fokus penelitian adalah proses pendampingan dalam proses pembelajaran (perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran) serta faktor pendukung dan penghambat proses pendampingan dalam proses pembelajaran. Sumber data primer penelitian adalah kepala PKBM, pendamping dan warga belajar, sumber data sekunder diperoleh melalui pustaka buku serta dokumentasi data-data PKBM. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan lapangan dan triangulasi sumber. Teknik analisis data melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil Penelitian adalah a) dalam kegiatan pembelajaran tugas pendamping hanya menemani dalam berproses menjadi artinya pendamping hanya menemani anak mulai dari merencanakan materi belajar, proses belajar, sampai evaluasi, karena semua kegiatan pembelajaran dilakukan oleh anak, anak diberi kebebasan dalam proses pembelajaran b) faktor pendukung pendampingan meliputi motivasi belajar anak yang tinggi dan suasana belajar yang menyenangkan, sedangkan untuk faktor penghambat sendiri dikatagorikan tidak ada penghambat, karena cara berpikir positif dari pendamping yang menjadikan penghambat sebagai sebuah tantangan sehingga tidak dianggap lagi sebagai faktor yang menghambat. Simpulan hasil penelitian ini yaitu, semua kegiatan pembelajaran direncanakan, dilaksanakan dan dievaluasi oleh warga belajar itu sendiri. Pendamping hanya menemani, mengarahkan anak sesuai bakat dan minatnya serta memfasilitasi apa yang menjadi kebutuhan warga belajarnya baik itu dalam perencanaan, pelaksanaan maupun evaluasi pembelajaran. Untuk faktor pendukung dan penghambat proses pendampingan berdasar apada anak itu sendiri, karakter anak yang berbeda-beda yang mendukung dan menghambat berlangsungnya proses pendampingan warga belajar di PKBM Qaryah Thayyibah.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendampingan, Proses Pembelajaran |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1 L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1) |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 06 Oct 2016 13:04 |
Last Modified: | 06 Oct 2016 13:04 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24077 |
Actions (login required)
View Item |