PERAN TAMAN BACAAN MASYARAKAT CERDAS DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MASYARAKAT DI DESA WRINGINAGUNG KECAMATAN DORO KABUPATEN PEKALONGAN

Indah Prastya Mulyani , 1201411073 (2016) PERAN TAMAN BACAAN MASYARAKAT CERDAS DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MASYARAKAT DI DESA WRINGINAGUNG KECAMATAN DORO KABUPATEN PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (869Kb)

    Abstract

    Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana peran taman bacaan masyarakat cerdas dalam meningkatkan minat belajar masyarakat, 2) kendala yang dihadapi TBM Cerdas.Tujuanpenelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran taman bacaan masyarakat cerdas dan mendeskrispsikan kendala taman bacaan masyarakat cerdas dalam meningkatkan minat belajar masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian terdiri dari 1 orang kepala taman bacaan masyarakat cerdas, 1 orang pengelola, 3 masyarakat sebagai pengunjung dan 2 orang informan.Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan: 1) Pengumpulan data, 2) Reduksi data, 3) Penyajian data, dan 4) Verifikasi/Penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini: Peran Taman Bacaan Masyarakat Cerdas dalam meningkatkan minat belajar masyarakat antara lain: (a) TBM Cerdas berperan sebagai sumber belajar masyarakat dengan adanya kegiatan belajar yang berupa layanan membaca dan kegiatan belajar bersama. (b) TBM Cerdas berperan sebagai sumber informasi masyarakat. (c) Kepala dan pengelola berperan sebagai motivator dan pembimbing untuk masyakat. (d) TBM Cerdas berperan sebagai sumber hiburan masyarakat baik berupa buku bacaan yang ringan seperti buku cerita dan majalah serta masyarakat datang untuk main, berkumpul untuk membicarakan hal-hal tentang apa saja. Kendala yang dihadapi oleh Taman Bacaan Masyarakat Cerdas antara lain buku bacaan dan jumlahnya yang masih terbatas, tempat penyimpanan buku yang kondisinya sudah rusak dan kurangnya dukungan serta perhatian pemerintah desa atau instansi yang terkait. Simpulan dari penelitian ini adalah: peran taman bacaan masyarakat cerdas yaitu sebagai sumber belajar, sumber informasi, kepala dan pengelola sebagai motivator dan pembimbing, serta sebagai tempat hiburan masyarakat. Hasil Belajar yang dicapai masyarakat adalah bertambahnya pengetahuan dan keterampilan masyakarat dengan mengikuti kegiatan belajar seperti membaca, belajar bahasa inggris, belajar komputer, belajar menari dan keterampilan.Saran yang disampaikan yaitu: 1)Pengelola diharapkan lebih sering berada di TBM Cerdas agar dalam memberikan layanan kepada masyarakat dapat berjalan dengan lancar. 2)TBM Cerdas perlu sarana dan prasarana yang lebih bagus kondisinya supaya dapat lebih menarik masyarakat untuk datang guna memanfaatkannya. 3)Perlu adanya dukungan dan perhatian pemerintah desa atau instansi terkait untuk lebih mengembangkan TBM Cerdas.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Peran,Taman Bacaan Masyarakat, Minat Belajar
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
    L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 06 Oct 2016 09:06
    Last Modified: 06 Oct 2016 09:06

    Actions (login required)

    View Item