ASPIRASI ORANGTUA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK (Studi Kasus di Keluarga Nelayan Pantaisari Kelurahan Panjang Wetan Kecamatan Pekalongan Utara Kota Pekalongan)


Nadia Fajar Setyawati , 1201411039 (2015) ASPIRASI ORANGTUA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK (Studi Kasus di Keluarga Nelayan Pantaisari Kelurahan Panjang Wetan Kecamatan Pekalongan Utara Kota Pekalongan). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201411039.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (937kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana aspirasi orangtua terhadap pendidikan anak di keluarga nelayan pantaisari Kelurahan Panjang Wetan Kecamatan Pekalongan Utara Kota Pekalongan?, (2) Apa faktor pendukung dan penghambat aspirasi orangtua terhadap pendidikan anak di Keluarga Nelayan Pantaisari Kelurahan Panjang Wetan Kecamatan Pekalongan Utara Kota Pekalongan?. Tujuan meliputi (1) Mendeskripsikan Aspirasi Orangtua terhadap Pendidikan Anak di Keluarga Nelayan Pantaisari Kelurahan Panjang Wetan Kecamatan Pekalongan Utara Kota Pekalongan, (2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat aspirasi orangtua terhadap pendidikan anak di Keluarga Nelayan Pantaisari Kelurahan Panjang Wetan Kota Pekalongan. Penelitian dilakukan di Kelurahan Panjang Wetan dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian yaitu 6 keluarga nelayan yang memiliki anak usia sekolah. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dengan metode triangulasi. Teknik analisis data melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian : (1) Aspirasi orangtua terhadap pendidikan anak sangat tinggi terhadap pendidikan, ditunjukkan pada aspirasi yang positif tentang pendidikan, orangtua memberikan dorongan atau motivasi sebagai bentuk perhatian kepada anak, orangtua berharap anak dapat mengeyam pendidikan setinggi mungkin, dan setelah lulus mendapatkan pekerjaan yang layak, (2) faktor pendukung : adanya partisipasi orangtua dengan memberikan dorongan atau motivasi kepada anak, adanya minat anak yang tinggi untuk sekolah, adanya hubungan kedekatan antara orangtua dan anak, hubungan anak dengan teman sebaya yang sama – sama bersekolah, faktor penghambat : kurangnya minat atau kemauan anak untuk sekolah dan anak sering malas untuk belajar, terbatasnya ekonomi dengan penghasilan yang pas – pasan sehingga orangtua tidak bisa menyekolahkan anak sampai jenjang yang lebih tinggi. Berdasarkan temuan penelitian dapat disarankan : (1) Dalam pemilihan pendidikan untuk anak hendaknya lebih berorientasi pada pendidikan kejuruan karena akan mendapatkan keterampilan yang cukup, sehingga akan lebih mudah dalam mendapatkan pekerjaan Orangtua sebaiknya meningkatkan pendapatannya dengan cara bekerja lebih giat lagi dan mencari pekerjaan tambahan/sampingan, agar pendapatannya bisa bertambah untuk mencukupi kebutuhan pendidikan anak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aspirasi orangtua, Pendidikan anak
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 06 Oct 2016 13:04
Last Modified: 06 Oct 2016 13:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24069

Actions (login required)

View Item View Item