KEEFEKTIFAN METODE COOPERATIVE SCRIPT DALAM PEMBELAJARAN CERITA ANAK PADA SISWA KELAS V SDN BANJARANYAR KABUPATEN BANYUMAS


Titin Purwanti , 1401412045 (2016) KEEFEKTIFAN METODE COOPERATIVE SCRIPT DALAM PEMBELAJARAN CERITA ANAK PADA SISWA KELAS V SDN BANJARANYAR KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412045.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Menciptakan proses pembelajaran yang efektif merupakan tugas utama bagi guru. Penggunaan metode pembelajaran kooperatif dapat menjadi salah satu solusi menciptakan pembelajaran tersebut. Salah satu metode pembelajaran kooperatif adalah metode Cooperative Script. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan metode pembelajaran Cooperative Script. Desain penelitian eksperimen yang digunakan yaitu Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Terdapat dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen yaitu kelompok yang mendapatkan pembelajaran Cooperative Script. Kelompok kontrol yaitu kelompok yang mendapatkan pembelajaran Think-PairShare. Variabel yang diteliti adalah aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran cerita anak. Penelitian dilaksanakan di kelas V SDN Banjaranyar Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas. Populasi penelitian berjumlah 53 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Data diperoleh melalui teknik observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data terdiri dari uji prasyarat analisis dan analisis akhir atau uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan yang signifikan aktivitas siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dapat dibuktikan dengan nilai signifikansi uji Independent Samples T Test sebesar 0,001; (2) Metode Cooperative Script efektif terhadap aktivitas siswa. Dapat dibuktikan dengan nilai signifikansi uji One Sample T Test sebesar 0,000; (3) Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dapat dibuktikan dengan nilai signifikansi uji Independent Samples T Test sebesar 0,001; (4) Metode Cooperative Script efektif tedapat hasil belajar siswa. Dapat dibuktikan dengan nilai signifikansi uji One Sample T Test sebesar 0,000. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa metode Cooperative Script efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Banjaranyar dalam pembelajaran cerita anak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Cerita Anak, Metode Cooperative Script, Pembelajaran kooperatif.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 06 Oct 2016 13:07
Last Modified: 06 Oct 2016 13:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24068

Actions (login required)

View Item View Item