PEMBERDAYAAN PENYANDANG TUNANETRA MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN NONFORMAL
Hadyan Pramudita , 1201411032 (2015) PEMBERDAYAAN PENYANDANG TUNANETRA MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN NONFORMAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan proses pemberdayaan Penyandang Tunanetra pada pembelajaan Al-Qur‟an Braille di Pondok Pesantren Tahfidz Qur‟an Khusus Tunanetra. 2) Mendeskripsikan proses pemberdayaan penyandang tunanetra pada pembelajaran Al-Qur‟an Digital di Pondok Pesantren Tahfidz Qur‟an Khusus Tunanetra. 3) Mendeskripsikan proses pemberdayaan penyandang tunanetra pada pembelajaran Pijat Refleksi di Pondok Pesantren Tahfidz Qur‟an Khusus Tunanetra. Pendekatan penelitian kualitatif. Subyek penelitian berjumlah 7 orang yaitu 3 warga belajar dan 3 orang penanggung jawab program pemberdayaan di Pondok Pesantren Sahabat Mata dengan usia dan program yang berbeda. Sehingga arapkan dapat memberikan persepsi yang berbeda dan lebih bervariatif. Peneliti juga memerlukan subyek penelitian tambahan untuk melengkapi kebenaran data dan informasi yang diberikan yaitu terdiri atas 1 orang pengelola / ketua Yayasan Pondok Pesantren Sahabat Mata. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini: 1) Proses pembelajaran ada tiga tahap: a) perencanaan, sudah disesuaikan dengan standart. b) pelaksanaan, ada beberapa yang direncankan tidak terlaksana; c) pengawasan, tertulis dan praktek. 2) Proses Pemberdayaan Pembelajaran, dalam pelaksanaan belum sepenuhnya berjalan lancar. Berikut ini adalah indikator dalam proses pembelajaran, yaitu program Al-Qur‟an Braille pada pengelolaan warga belajar, program Al-Qur‟an Digital pada media pembelajaran dan program Pijat Refleksi pada pengelolaan warga belajar dan waktu pembelajaran belum sepenuhnya berjalan lancar. 3) Proses Pengawasan dilimpahkan oleh masing-masing tutor dan hasil pengawasan kan di tindaklanjuti pada evaluasi yang di adakan sebulan sekali. Saran yang dapat di sampaikan: 1). Bagi pihak penyelenggara/kepada narasumber teknis pemeberdayaan tunanetra dalam menentukan media pembelajaran, pengelolaan warga belajar, pengalokasian waktu pembelajaran, diharapkan bisa ada perbaikan. 2). Bagi peserta didik diharapkan sebelum proses pembelajaran berlangsung dapat beradaptasi. 3). Bagi peneliti yang akan meneliti dengan topik sama, diharapkan dapatmelengkapi indikator keefektifan seperti keefektifan metode, keefektifan strategi pembelajaran dan keefektifan 8 standar penilaian (standar isi, proses, kompetensi lulusan, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana prasarana, pengelolaan, pembiayaan, dan penilaian).
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemberdayaan, Tunanetra, Pendidikan Nonformal |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1 L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1) |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 06 Oct 2016 13:06 |
Last Modified: | 06 Oct 2016 13:06 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24067 |
Actions (login required)
View Item |