PENGELOLAAN PROGRAM KURSUS KOMPUTER PADA BIDANG KEAHLIAN DI LKP ALFABANK SEMARANG


Caturia Berliantin , 1201411037 (2016) PENGELOLAAN PROGRAM KURSUS KOMPUTER PADA BIDANG KEAHLIAN DI LKP ALFABANK SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201411037.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengelolaan program yang diadakan oleh LKP ALFABANK memiliki peserta didik yang berasal dari berbagai mengikuti kegiatan kursus komputer, hal ini tentu akan mempengaruhi proses pelatihan yang dilaksanakan oleh lembaga. Rumusan masalah yang dikaji adalah Bagaimanakah perencanaan, pelaksanaan dan penilaian program kursus komputer di LKP ALFABANK. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan penilaian program kursus komputer di LKP ALFABANK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini berjumlah 4 orang yang terdiri dari 1 orang direktur sebagai informan dan satu orang bagian akademik. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu trianggulasi. Teknik penganalisisan data yag digunakan yaitu dengan (1) Pengumpulan Data, (2) Reduksi data, (3) Penyajian data, dan (4) Penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Perencanaan program LKP ALFABANK terdiri dari unsur pengelolaan yaitu pengelola dan penanggung jawab utama adalah direktur sedangkan anggota dan pembantu adalah bagian admin dan akademik, tujuan yaitu memberikan layanan lembaga kursus yang berbasis kemasyarakatan dengan mengisi waktu luang, penilaian yang dilakukan mencakup penilaian program dan monitoring; tempat ; instruktur; anggaran ; sertifikat. (2) Kegiatan kursus di LKP ALFABANK meliputi kegiatan kursus komputer sesuai di bidangnya seperti belajar teori dan praktek, tujuan dalam pelaksanaan program yaitu memberikan layanan pendidikan lembaga yang berbasis masyarakat dan memberikan pengetahuan kursus komputer sesuai bidang keahlian pada peserta didik. (3) Penilaian yang dilakukan di LKP ALFABANK yaitu monitoring, waktu pelaksanaan monitoring dilakukan sesuai jadwalnya masing-masing. Disarankan dalam perencanaan, pelaksanaan dan penilaian program LKP ALFABANK hendaknya direktur perlu menyusun visi misi dan dalam pelaksanaan hendaknya bagian akademik lebih aktif dan kreatif dalam pelaksanaaan kegiatan agar lebih inovatif, mampu berinovasi dengan kebutuhan belajar, dalam monitoring hendaknya lebih ditingkatkan dan dilaksanakan secara rutin agar pelaksanaan program LKP ALFABANK dapat berjalan maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pelatihan, Pengelolaan Program
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 06 Oct 2016 13:06
Last Modified: 06 Oct 2016 13:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24066

Actions (login required)

View Item View Item