MANAJEMEN PENGEMBANGAN KREATIVITAS KOGNITIF DAN BAHASA ANAK USIA DINI DI PAUD “HANDAYANI” SKB KENDAL


SRI HARTADI , 1201411024 (2015) MANAJEMEN PENGEMBANGAN KREATIVITAS KOGNITIF DAN BAHASA ANAK USIA DINI DI PAUD “HANDAYANI” SKB KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201411024.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

PAUD sangat penting karena potensi kecerdasan dan dasar-dasar perilaku seseorang terbentuk pada usia ini sehingga usia ini sering disebut usia golden age.Terbentuknya kreativitas anak usia dini tidak lepas dari salah satu aspek yaitu antara aspek kognitif dan bahasa melalui pengalaman dalam pengembangan di PAUD.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah manajemen pengembangan kreativitas kognitif dan bahasa Kelompok Bermain di PAUD Handayani SKB Kendal dan Bagaimanakah hasil yang dicapai dalam pengembangan kreativitas kognitif dan bahasa Kelompok Bermain di PAUD Handayani SKB Kendal. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan manajemen pengembangan kreativitas kognitif dan bahasa yang digunakan dalam Kelompok Bermain di PAUD Handayani SKB Kendal dan mendiskripsikan hasil yang dapat dicapai dalam pengembangan kreativitas Kelompok Bermain di PAUD Handayani SKB Kendal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian 4 orang tutor dan sebagai informan Kepala SKB Kendal dan anak usia dini di PAUD Handayani SKB Kendal. Pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data model interaktif melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pengembangan kreativitas kognitif dan bahasa anak usia dini di PAUD Handayani SKB Kendal yang diantaranya perencanaan meliputi penyusunan silabus dan RPP, pengorganisasian meliputi penataan struktur organisasi, pelaksanaanmeliputi penyediaan fasilitas dan media pembelajaran, dan pengawasan meliputi evaluasi setiap satu semester telah dilakukan dengan baik, sesuai aturan yang berlaku baik manajemen sumber daya manusianya maupun fasilitas atau sarana dan prasarananya. Sedangkan hasil pengembangan kreativitas kognitif dan bahasa anak sudah tercapai dengan baik. Simpulan dalam penelitian ini manajemen pengembangan kreativitas kognitif dan bahasa anak usia dini di PAUD Handayani SKB Kendal sudah dilakukan dengan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan kontrol yang baik namun jumlah tutor tidak proporsional dengan jumlah siswa sehingga pembelajaran terkadang kurang maksimal. Saran bagi tutor PAUD Handayani SKB Kendal fasilitas dan media yang sudah ada di kelompok bermain PAUD Handayani SKB Kendal ini sudah bermanfaat dalam pengembangan pembelajaran terutama dalam pengembangan kreativitas kognitif dan bahasa anak, hanya saja anak masih banyak memerlukan bimbingan khusus dari guru, sehingga guru harus lebih profesional dan berkomitment untuk mengembangkan manajemen dalam pengembangan kreativitas kognitif dan bahasa anak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Kreativitas Kognitif, Kreativitas Bahasa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 06 Oct 2016 13:05
Last Modified: 06 Oct 2016 13:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24065

Actions (login required)

View Item View Item