KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERORIENTASI SOFT SKILLS PADA PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN ANIMASI 2 DIMENSI


Isna Laili Hikmah , 1102412097 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERORIENTASI SOFT SKILLS PADA PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN ANIMASI 2 DIMENSI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102412097.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 menuntut peserta didik tidak hanya berfokus pada aplikasi hard skills namun didalamnya memuat nilai-nilai soft skills dalam pembelajaran seperti pola pembelajaran jejaring dan pola pembelajaran berbasis tim. Kenyataan lapangan menjelaskan bahwa guru belum sepenuhnya mampu memahami pola pembelajaran yang berorientasi soft skills, padahal soft skills merupakan suatu komponen pembelajaran yang harus diterima oleh peserta didik dan tidak dapat terpisah dari hard skills. Salah satu permasalahan akibat kurangnya penerapan soft skills dalam pembelajaran adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar. Dengan demikian penelitian ini berupaya untuk menerapkan model pembelajaran project based learning berorientasi soft skills sebagai upaya menjawab kebutuhan tersebut, peneliti menerapkan pembelajaran yang diharapkan mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar melalui penanaman nilai-nilai soft skills didalamnya. Metode penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan desain pre eksperiment design kategori pre test dan post test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Multimedia SMK Negeri 11 Semarang yang berjumlah 103 siswa. Dalam teknik pengambilan sampel, peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Hasil yang diperoleh, penerapan model pembelajaran project based learning berorientasi soft skills pada mata pelajaran animasi 2 dimensi telah dilaksanakan sesuai dengan tahap penelitian. RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) project based learning berorientasi soft skills divalidasi oleh validator ahli model pembelajaran dan ahli materi, RPP dinyatakan valid dan layak digunakan. Ada keefektifan penerapan model pembelajaran project based learning berorientasi soft skills pada motivasi dan hasil belajar siswa mata pelajaran animasi 2 dimensi di SMK Negeri 11 Semarang dengan besarnya keefektifan penerapan model pembelajaran project based learning berorientasi soft skills pada peningkatan hasil belajar siswa sebesar 0,37 termasuk ke dalam kategori sedang dan rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 83,07% dengan kategori baik.. Penerapan model pembelajaran dilakukan dengan cukup baik, namun temuan yang menarik adalah guru belum sepenuhnya faham pentingnya soft skills. Untuk itu perlu adanya pembekalan lebih masif terhadap guru tentang pentingnya menularkan dan mengajarkan aspek soft skills kepada peserta didik karena merupakan kebutuhan riil guru dalam pengembangan keilmuan, namun belum terpenuhi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum 2013, Motivasi Belajar, Project Based Learning, Soft Skills.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 05 Oct 2016 13:47
Last Modified: 05 Oct 2016 13:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24061

Actions (login required)

View Item View Item