PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIPPER SCHOOL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MATA PELAJARAN MATEMATIKA SMP NEGERI 4 SEMARANG


Masriati Lingga , 1102412052 (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIPPER SCHOOL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MATA PELAJARAN MATEMATIKA SMP NEGERI 4 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102412052.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengangkat tentang penggunaan quipper school pada kelas VIII SMP Negeri 4 Semarang. Adapun penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan pengaruh penggunaan media pembelajaran quipper school kelas VIII mata pelajaran matematika di SMP Negeri 4 Semarang (2) Mendeskripsikan kendala yang dihadapi dalam penggunaan media pembelajaran quipper school terhadap hasil belajar siswa kelas VIII mata pelajaran matematika di SMP Negeri 4 Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Populasi pada penelitian ini siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Semarang. Teknik pengambilan sampel purposive sampling sebanyak 64 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran quipper school dan variabel terikatnya yaitu hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian ini membuktikan penggunaan media pembelajaran quipper school dalam kategori sangat baik (79%) dan hasil belajar siswa kategori baik (77%). Melalui analisis regresi hasil yang diperoleh f hitung = 3,502 dengan taraf sig 0,068 ≥ 0,05. Jadi dapat diputuskan ada pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Semarang. Saran yang diberikan peneliti kepada 1) pihak sekolah untuk menambah jaringan internet semua wilayah sekolah serta sampai ke ruang kelas, 2) guru harus memanfaatkan quipper secara maksimal, dan 3) siswa menyelesaikan tugas tepat waktu dengan memanfaatkan jaringan koneksi sekolah di wilayah tertentu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Quipper School, Media Pembelajaran, Hasil Belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 05 Oct 2016 13:48
Last Modified: 05 Oct 2016 13:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24056

Actions (login required)

View Item View Item