PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK CERITA ANAK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS IV SDN 1 NGAWEN KABUPATEN BLORA

Diana Lela Novitasari , 1401412041 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK CERITA ANAK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS IV SDN 1 NGAWEN KABUPATEN BLORA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (2775Kb)

    Abstract

    Berdasarkan data hasil wawancara, dokumen dan catatan lapangan diperoleh bahwa fasilitas belajar yang diberikan guru dalam pembelajaran menulis narasi kurang optimal. Permasalahan tersebut juga didukung data hasil perolehan belajar siswa kelas IV SDN 1 Ngawen Kabupaten Blora, ditunjukkan dengan data dari 36 siswa, 11 siswa dapat mencapai KKM, 25 siswa tidak dapat mencapai KKM sehingga perlu adanya pengembangan media berupa komik cerita anak untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi sebagai media pembelajaran keterampilan menulis narasi siswa kelas IV SDN 1 Ngawen. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan produk komik cerita anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian research and development, dengan tahapan: (1) tahap persiapan yaitu, observasi awal, pembuatan perangkat pembelajaran, membuat instrumen uji coba, validasi produk, revisi I dan (2) tahap pelaksanaan yaitu, uji coba skala kecil, revisi hasil uji skala kecil, uji coba skala besar, revisi produk dan produk final. Populasi adalah seluruh siswa kelas IV SDN 1 Ngawen dengan jumlah 36 siswa. Semua populasi menjadi sampel sehingga penelitian dinamakan penelitian populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan nontes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis produk komik cerita anak, analisis kuantitatif uji t-test dan uji gain. Hasil penelitian tahap I pada validasi desain menunjukkan komik cerita anak layak uji pakar materi, media dan bahasa dengan persentase kelayakan 100%. Pada penilaian tahap II pada validasi komik cerita anak memenuhi kriteria sangat layak pada aspek isi dengan persentase 89,50%, kriteria layak pada aspek kebahasaan dengan persentase 80% dan kriteria sangat layak pada aspek penyajian dengan persentase 89,50%. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa penggunaan komik cerita anak mampu mengembangkan aktivitas siswa dalam pembelajaran menulis narasi. Penggunaan komik cerita anak juga dapat membantu guru dalam pembelajaran menulis narasi. Komik cerita anak juga berpengaruh tehadap hasil belajar kognitif yang dibuktikan dari adanya perbedaan rata-rata pemahaman siswa melalui uji t sebesar 6,751 dan peningkatan rata-rata sebesar 0,343 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah komik cerita anak layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran menulis narasi. Saran yang diberikan yaitu hasil pengembangan komik cerita anak dapat digunakan sebagai media menulis narasi dengan menambah uraian materi agar pemahaman siswa semakin luas.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: komik; cerita anak; menulis narasi; pengembangan.
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: retma upt perpus
    Date Deposited: 05 Oct 2016 09:48
    Last Modified: 05 Oct 2016 09:48

    Actions (login required)

    View Item