KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SDN DI GUGUS IKAN LODAN KOTA SEMARANG


SITI NUGRAHENI , 1401412009 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SDN DI GUGUS IKAN LODAN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412009.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan pembelajaran IPA diantaranya adalah untuk mendidik siswa berpikir kritis dengan adanya permasalahan nyata serta memperoleh pengetahuan. Data awal yang diperoleh hasil belajar pembelajaran IPA di kelas V masih rendah. Hal ini disebabkan karena model pembelajaran yang digunakan guru belum inovatif, sehingga mengakibatkan berkurangnya minat siswa dalam pembelajaran IPA. Sebagian besar guru masih menggunakan metode ceramah. Model Problem Based Learning (PBL) dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran IPA. PBL adalah model pengajaan yang bercirikan adanya permasalahan nyata sebagai konteks untuk para peserta didik belajar berpikir kritis dan keterampilan memacahkan masalah serta memperoleh pengetahuan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah pembelajaran IPA siswa kelas V SDN di Gugus Ikan Lodan Kota Semarang dengan model Problem Based Learning (PBL) lebih efektif daripada model pembelajaran di kelas kontrol? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran IPA siswa kelas V di Gugus Ikan Lodan Kota Semarang dengan model Problem Based Learning (PBL) lebih efektif daripada model pembelajaran kelas kontrol. Desain penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN di Gugus Ikan Lodan Kota Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 5 SDN berjumlah 237 siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, dokumentasi dan observasi. Berdasarkan analisis hipotesis uji perbedaan dua rata-rata menggunakan uji-t pada kedua kelas, diperoleh -ttabel(-1,667) <thitung (2,3706) >ttabel (1,667) berarti terima Ha artinya rata-rata hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran Problem Based learning (PBL) lebih tinggi daripada menggunakan model Group Investigation (GI) Simpulan penelitian ini adalah rata-rata hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran Problem Based learning (PBL) lebih tinggi daripada menggunakan model Group Investigation (GI). Saran penelitian ini guru dapat memilih model sesuai dengan materi pelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; IPA; Problem Based Learning (PBL)
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 05 Oct 2016 12:45
Last Modified: 05 Oct 2016 12:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24040

Actions (login required)

View Item View Item