Keefektifan Penggunaan Metode Pemberian Tugas dan Resitasi dengan Model Pembelajaran Investigasi Kelompok Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Pemalang
Suci Erningsih, 3101405019 (2009) Keefektifan Penggunaan Metode Pemberian Tugas dan Resitasi dengan Model Pembelajaran Investigasi Kelompok Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Pemalang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Keefektifan Penggunaan Metode Pemberian Tugas dan Resitasi dengan Model Pembelajaran Investigasi Kelompok Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Pemalang)
- Published Version
Download (35MB) | Preview |
Abstract
Kegiatan belajar disekolah merupakan bagian dari proses pendidikan yang bertujuan untuk membawa suatu keadaan baru yang lebih baik. Dalam proses pembelajaran tersebut guru sebagai pendidik diharapkan mempunyai kemahiran dalam melaksanakan proses pembelajaran termasuk didalamnya ada kemahiran dalam menyampaikan materi dan memilih pembelajaran yang tepat agar kegiatan pembelajaran tersebut efektif dan efisien. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah:Bagaimanakah keefektifan penggunaan metode Pemberian Tugas dan Resitasi dengan model pembelajaran Investigasi Kelompok terhadap belajar sejarah siswa kelas XI IPS I SMA Negeri 3 Pemalang, Apakah dengan menggunakan metode pemberian tugas dan resitasi dengan model pembelajaran Investigasi Kelompok dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS I SMA Negeri 3 Pemalang. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui peningkatan motivasi dan prestasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS I SMA Negeri 3 Pemalang tahun ajaran 2008/2009 setelah menggunakan metode Pemberian Tugas dan Resitasi dengan model pembelajaran Investigasi Kelompok. Penelitian Tindakan Kelas merupakan suatu pendekatan untuk meningkatkan pendidikan dengan melakukan perubahan ke arah perbaikan terhadap hasil pendidikan dan pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS I SMA Negeri 3 Pemalang tahun ajaran 2008/2009 yang berjumlah 46 siswa. Ada dua variabel yang dikaji dalam penelitian ini adalah motivasi belajar siswa dalam pelajaran sejarah dan prestasi siswa dalam pelajaran sejarah. PTK Hasil penelitian menunjukkan bahwa Metode Pemberian Tugas dan Resitasi dengan model pembelajaran Investigasi Kelompok lebih efektif, ditunjukkan dengan ketuntasan belajar siswa yang mencapai nilai ≥ 67 (sesuai KKM SMA Negeri 3 Pemalang) dan hasil belajar siswa telah mencapai ketuntasan klasikal 75%. Metode yang yang telah digunakan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPS I SMA Negeri 3 Pemalang, ditunjukkan dengan angket peningkatan motivasi siswa yang menyatakan bahwa 51,30% siswa setuju bahwa siswa menjadi termotivasi untuk mempelajari materi sejarah setelah menggunakan metode pemberian tugas dan resitasi dengan model pembelajaran investigasi kelompok. Metode telah digunakan juga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPS I SMA Negeri 3 Pemalang, ditunjukkan dengan meningkatnya ketuntasan belajar pada siklus, dari prasiklus 30,43%, pada siklus I mencapai 78,26%, sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar mencapai 91,30%. Saran dari penulis Berdasarkan hasil penelitian diketahui pembelajaran dengan menggunakan metode Pemberian Tugas dan Resitasi dengan model pembelajaran Investgasi Kelompok perlu dilaksanakan dalam pembelajaran dikelas, karena model pembelajaran tersebut dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar sejarah siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keefektifan, Prestasi, Pembelajaran Sejarah, PTK, Pemberian Tugas dan Resitasi, Investigasi Kelompok |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) D History General and Old World > DS Asia |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 14 May 2011 03:23 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 04:48 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2404 |
Actions (login required)
View Item |