KEEFEKTIFAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR CERITA ANAK PADA KELAS V SDN GROBOG KULON 01 KABUPATEN TEGAL

Anisa Yuni Pertiwi , 1401412002 (2016) KEEFEKTIFAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR CERITA ANAK PADA KELAS V SDN GROBOG KULON 01 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (4Mb)

    Abstract

    Pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar dilaksanakan dengan tujuan agar siswa mampu melatih keterampilan mendengar, berbicara, membaca, dan menulis. Media pembelajaran bahasa Indonesia yang digunakan di sekolah dasar masih berupa media pembelajaran konvensional. Keadaan seperti itu terjadi pada pembelajaran di SDN Grobog Kulon 01 Kabupaten Tegal, yang berakibat pada rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah penggunaan media audio visual dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi mengidentifikasi unsur-unsur cerita anak pada siswa kelas V SDN Grobog Kulon 01 Kabupaten Tegal. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah media audio visual efektif terhadap motivasi dan hasil belajar bahasa Indonesia materi mengidentifikasi unsur-unsur cerita anak pada siswa kelas V SDN Grobog Kulon 01 Kabupaten Tegal. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian eksperimen menggunakan nonequivalent control group design dengan jumlah populasi 44 siswa. Sampel dalam penelitian diambil dengan teknik sampling jenuh, sehingga seluruh populasi dijadikan sampel yakni 22 siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen dan 22 siswa kelas VB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data wawancara, dokumentasi, tes, dan kuesioner (angket). Instrumen penelitian menggunakan pedoman wawancara, dokumen, tes, dan angket. Teknik analisis data yakni validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, dan pengujian hipotesis. Perhitungan analisis data menggunakan program SPSS versi 20. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil uji hipotesis perbedaan dan keefektifan motivasi dan hasil belajar siswa. Hasil uji hipotesis perbedaan motivasi belajar siswa menggunakan Independent Samples T Test menunjukkan nilai thitung > ttabel (3,142 > 2,018) dan nilai signifikansi 0,003 < 0,05, sedangkan hasil uji hipotesis keefektifan menggunakan uji t pihak kanan melalui one sample t test menunjukkan nilai thitung > ttabel (2,173 > 1,721) dan nilai signifikansi 0,041 < 0,05. Hasil uji hipotesis perbedaan hasil belajar siswa menggunakan Independent Samples T Test menunjukkan nilai thitung > ttabel (3,133 > 2,018) dan nilai signifikansi 0,003 < 0,05, sedangkan hasil uji hipotesis keefektifan menggunakan uji t pihak kanan melalui one sample t test menunjukkan nilai thitung > ttabel (2,344 > 1,721) dan nilai signifikansi 0,029 < 0,05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan motivasi dan hasil belajar bahasa Indonesia materi mengidentifikasi unsur-unsur cerita anak pada siswa kelas V antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Media audio visual efektif terhadap motivasi dan hasil belajar bahasa Indonesia materi mengidentifikasi unsur-unsur cerita anak pada siswa kelas V.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: media audio visual, motivasi belajar, hasil belajar
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: retma upt perpus
    Date Deposited: 05 Oct 2016 08:44
    Last Modified: 05 Oct 2016 08:44

    Actions (login required)

    View Item