PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SDN BENDAN NGISOR


Nurlaila Fatkhil Asro, 1401411600 (2015) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SDN BENDAN NGISOR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401411600.pdf]
Preview
PDF
Download (8MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal di SDN Bendan Ngisor, diketahui bahwa metode guru dalam pembelajaran menggunakan metode ceramah bervariasi. Walaupun demikian, data dokumen menunjukkan bahwa hasil belajar siswa telah mencapai ketuntasan klasikal >50%. Metode ceramah merupakan metode yang berpusat pada guru sehingga pembelajarannya bersifat monoton/satu arah. Metode ini kurang mengikutsertakan siswa dalam pembelajaran sehingga keaktifan siswa menjadi rendah. Implementasi metode TSTS dapat mengaktifkan siswa dalam pembelajaran karena siswa akan melakukan kerjasama dalam kelompok dan saling berbagi informasi antarkelompok. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah metode pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) berpengaruh terhadap aktivitas belajar IPA kelas IV SDN Bendan Ngisor ?; (2) Apakah metode pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) berpengaruh terhadap hasil belajar IPA kelas IV SDN Bendan Ngisor ?. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap aktivitas belajar IPA kelas IV SDN Bendan Ngisor; (2) Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap hasil belajar IPA kelas IV SDN Bendan Ngisor. Jenis penelitian eksperimen yang digunakan adalah Quasi-Experimental Research dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian terdiri dari 80 siswa. Penelitian ini adalah penelitian populasi. Sampel diambil dari subjek populasi yang terdiri dari 40 siswa kelas IVA (kelompok kontrol) dan 40 siswa kelas IVB (kelompok eksperimen).Variabel terikat terdiri dari aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Variabel bebasnya adalah metode TSTS dan metode ceramah bervariasi. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan tes pilihan ganda dan untuk aktivitas siswa menggunakan angket lembar observasi aktivitas siswa. Hasil data aktivitas belajar dibandingkan berdasarkan kriteria dan data hasil belajar dianalisis dengan uji gain dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Two Stay Two Stray berpengaruh secara signifikan terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Bendan Ngisor pada mata pelajaran IPA. Aktivitas siswa kelas eksperimen mencapai kriteria sangat tinggi sedangkan di kelas kontrol hanya sampai pada kriteria cukup. Rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen lebih baik dibandingkan kelompok kontrol. Mean posttest kelompok eksperimen sebesar 74,12 dan mean posttest kelompok kontrol sebesar 66,22. Hal ini menunjukkan indeks gain <g> kelompok eksperimen sebesar 73,45 (tinggi) sedangkan <g> kelompok kontrol sebesar 65,62 (sedang). Hasil uji t menunjukkan nilai thitung (2,272) > ttabel (1,990) berarti bahwa metode TSTS berpengaruh terhadap hasil belajar IPA dan nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,026. Hasil tersebut memberikan kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Saran yang dapat disampaikan pada guru, hendaknya memilih metode yang dapat mengaktifkan siswa sehingga pembelajaran dapat bersifat dua arah. Untuk siswa, hendaknya lebih menonjolkan diri agar pembelajaran dapat lebih bermakna. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai alternatif pemilihan metode yang dapat mengaktifkan siswa dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas belajar, Hasil Belajar, Metode Two Stay Two Stray
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 05 Oct 2016 12:48
Last Modified: 05 Oct 2016 12:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24035

Actions (login required)

View Item View Item