PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN MELALUI METODE CERAMAH PLUS TANYA JAWAB DAN TUGAS DENGAN MEDIA POWERPOINT PADA SISWA KELAS IV SDN GUNUNGPATI 02


BERLIANA PERMATASARI , 1401411588 (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN MELALUI METODE CERAMAH PLUS TANYA JAWAB DAN TUGAS DENGAN MEDIA POWERPOINT PADA SISWA KELAS IV SDN GUNUNGPATI 02. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401411588.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang dipergunakan dalam komunikasi secara tidak langsung. Keterampilan menulis tidak didapatkan secara alamiah, tetapi harus melalui proses belajar dan berlatih. Berdasarkan hasil observasi awal bersama kolaborator di kelas IV SDN Gunungpati 02 Semarang, keterampilan menulis siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya menulis pantun belum optimal. Dari 24 siswa, ada 14 (58,3%) siswa yang nilainya di bawah KKM dan 10 (41,7%) siswa yang mencapai nilai di atas KKM (65). Pada pembelajaran menulis pantun, siswa kurang memperhatikan guru saat menjelaskan dan diam atau pasif saat ditanya sehingga siswa kurang aktif, kurang memahami materi serta kesulitan dalam menulis pantun. Untuk mengatasi kodisi tersebut peneliti menerapkan metode ceramah plus tanya jawab dan tugas dengan media powerpoint pada pembelajaran. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah cara meningkatkan keterampilan menulis pantun pada siswa kelas IV SDN Gunungpati 02 Semarang melalui metode ceramah plus tanya jawab dan tugas dengan media powerpoint. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis pantun dan perilaku siswa kelas IV SDN Gunungpati 02 Semarang melalui metode ceramah plus tanya jawab dan tugas dengan media powerpoint. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Dari data hasil penelitian diketahui bahwa keterampilan menulis pantun siswa pada siklus I mengalami ketuntasan klasikal sebesar 70,8% dengan kriteria tinggi, mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 79,2% dengan criteria tinggi, dan mengalami peningkatan pada siklus III menjadi 91,7% dengan kriteria sangat tinggi. Perilaku siswa memperoleh skor pada siklus I rata-rata 16 siswa dengan kategori baik, siklus II memperoleh rata-rata 18 siswa dengan kategori baik, dan siklus III memperoleh rata-rata 20 siswa dengan kategori sangat baik. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui penerapan metode ceramah plus tanya jawab dan tugas dengan media powerpoint dapat meningkatkan keterampilan menulis pantun dan perubahan perilaku siswa selama mengikuti pembelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SDN Gunungpati 02 Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: ceramah plus tanya jawab dan tugas, keterampilan menulis, pantun, powerpoint.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 05 Oct 2016 12:48
Last Modified: 05 Oct 2016 12:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24034

Actions (login required)

View Item View Item